Model evaluasi pembelajaran berbasis matriks puzzle untuk menilai pemahaman siswa dalam ekonomi / JOSE IGNATIUS MORELLA - Repositori Universitas Negeri Malang

Model evaluasi pembelajaran berbasis matriks puzzle untuk menilai pemahaman siswa dalam ekonomi / JOSE IGNATIUS MORELLA

Morella, Jose Ignatius Morella (2022) Model evaluasi pembelajaran berbasis matriks puzzle untuk menilai pemahaman siswa dalam ekonomi / JOSE IGNATIUS MORELLA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam ekonomi kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 SMAN 1 Tumpang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2022 dengan diikuti sebanyak 65 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experiment dengan desain one group pretest dan posttest. Untuk melihat bagaimana pemahaman siswa maka diperlukan lembar pengamatan dengan menilai dari segi C1-C6. Pengambilan data menggunakan instrumen test dengan memberikan soal evaluasi pembelajaran menggunakan Matriks Puzzle dengan materi ekonomi Perdagangan Internasional. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji normalitas menunjukkan data tidak normal dan hasil uji homogenitas menunjukkan data homogen antar kelas. Karena data tidak berdistribusi normal maka hipotesis alternatif yang digunakan adalah ldquo Penerapan model evaluasi pembelajaran Matriks Puzzle dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi rdquo . Dari hasil tersebut maka uji hipotesis dilanjutkan menggunakan uji non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai tes untuk pemahaman siswa ketika diberi sebuah perlakuan pada saat posttest berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278899

Actions (login required)

View Item View Item