Analisis peran keluarga dalam pendidikan finansial berbasis Ekonomi Pancasila pada anak / Martha Ayu Devitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peran keluarga dalam pendidikan finansial berbasis Ekonomi Pancasila pada anak / Martha Ayu Devitasari

Devitasari, Martha Ayu (2022) Analisis peran keluarga dalam pendidikan finansial berbasis Ekonomi Pancasila pada anak / Martha Ayu Devitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberian pendidikan finansial pada anak di Indonesia masih dianggap tabu oleh orang tua. Selain itu pendidikan finansial pada anak juga perlu mengimplementasikan prinsip ekonomi pancasila terutama terkait moral ketuhanan dan kemanusiaan agar anak tidak menjadikan keuntungan dan kepuasan sebagai tujuan utama keuangan serta tidak berperilaku menyimpang karena uang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran yang dilakukan keluarga khususnya orang tua maupun anggota keluarga lain yang sehari-hari tinggal dengan anak dalam pendidikan finansial berbasis ekonomi pancasila pada anak. Jenis penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam. Hasil yang didapatkan yaitu pendidikan finansial berbasis ekonomi pancasila telah diajarkan pada lingkungan keluarga dengan cara pertama mengajarkan kejujuran dalam penggunaan dan pengelolaan keuangan hal ini dilakukan oleh orang tua maupun anggota keluarga lain yang menerapkan komunkasi yang baik agar anak dapat dengan nyaman menceritakan perilaku keuangannya. Kedua membiasakan anak hidup hemat dengan cara orang tua mengajarkan menabung pada anak walaupun kegiatan menabung tersebut belum dilakukan setiap hari. Ketiga membiasakan anak dalam hal membantu dan berbagi terhadap sesama hal ini dilakukan dengan cara orang tua mengajarkan anak untuk berdonasi di lingkungan sekolah maupun rumah serta pemberian teladan dari orang tua maupun anggota keluarga lain dalam hal menerapkan kebiasaan berbagi terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278893

Actions (login required)

View Item View Item