Pengembangan media pembelajaran SPICO (Spinner Game Economy) dengan model pembelajaran team games tournament / Ratna Nur' Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran SPICO (Spinner Game Economy) dengan model pembelajaran team games tournament / Ratna Nur' Aini

Aini, Ratna Nur' (2022) Pengembangan media pembelajaran SPICO (Spinner Game Economy) dengan model pembelajaran team games tournament / Ratna Nur' Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya Revolusi Industri 4.0 berdampak pada perubahan tanpa terkecuali pendidikan di era disruptif. Siswa membutuhkan dorongan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan agar pembelajaran dapat berjalan optimal. Salah satu upaya dengan menggunakan permainan edukatif (game) agar kegiatan belajar tidak terlalu monoton. Media SPICO merupakan games interaktif yang secara sederhanan dapat dimainkan di Microsoft Powerpoint. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peran penggunaan pengembangan dan keefektifan media SPICO dalam model pembelajaran Team Games Tournament. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan milik ADDIE dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group dengan pre-test dan post-test. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian validitas data konstruk dengan 2 pengujian analisis data yaitu dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas data Kolmogorov-smirnov. Diperoleh hasil validasi ahli materi dari unsur dosen sebesar 85% validasi ahli materi dari unsur Guru sebesar 97 7% hasil validasi dari ahli media sebesar 97% dan hasil validasi pengguna 97 72% sehingga diperoleh validasi gabungan sebesar 94 24% yang artinya media pembelajaran SPICO dalam kategori ldquo sangat layak rdquo . Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran SPICO dengan model pembelajaran Team Games Tournament lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran powerpoint non-interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278889

Actions (login required)

View Item View Item