Pola perilaku berhutang ibu rumah tangga Desa Mendalan Wangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Yesi Fitrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola perilaku berhutang ibu rumah tangga Desa Mendalan Wangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Yesi Fitrianti

Fitrianti, Yesi (2022) Pola perilaku berhutang ibu rumah tangga Desa Mendalan Wangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Yesi Fitrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pola Perilaku berhutang merupakan tindakan individu untuk meminjam uang ataupun membeli barang secara kredit dengan harapan akan dibayar dikemudian hari sesuai perjanjian yang telah ditentukan tindakan ini dilakukan secara berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola perilaku berhutang ibu rumah tangga Desa Mendalan Wangi Kecamatan Wagir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomonologi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sumber data 5 ibu rumah tangga. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai pola perilaku berhutang ibu rumah tangga dilihat dari sumber pinjaman yaitu utang pada tetangga bank titil PNM.Mekaar koperasi dan bank. Dana dari hasil pinjaman sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha membeli emas biaya sekolah dan membayar utang. Cara ibu rumah tangga membayarnya yaitu dari penghasilan suami atau hasil jualan dan utang pada pihak lain bahkan jika tidak bisa membayar harus bersembunyi. Kencenderungan berhutang ini dipengaruhi oleh faktor ekonomi pendapatan yang relative kecil bertambahnya anggota keluarga dan status perkawinan faktor sosial dan jaminan. Dampak yang ditimbulkan dari tindakan berhutang yaitu adanya tanggunan cicilan beban hutang sanksi sosial bagi Ibu rumah tangga yang sering lari dalam membayar hutang tingkat kesehatan menurun dapat menyebabkan stress.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278884

Actions (login required)

View Item View Item