Analisis pengelolaan pendapatan dan pola konsumsi tukang becak kayuh di Pasar Besar Kota Malang / Cyndy Tyas Aditia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengelolaan pendapatan dan pola konsumsi tukang becak kayuh di Pasar Besar Kota Malang / Cyndy Tyas Aditia

Aditia, Cyndy Tyas (2022) Analisis pengelolaan pendapatan dan pola konsumsi tukang becak kayuh di Pasar Besar Kota Malang / Cyndy Tyas Aditia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di tengah modernisasi teknologi dan melonjaknya penyedia jasa transportasi umum kian menggeser popularitas transportasi tradisional khususnya becak kayuh yang bermarkas di Pasar Besar Kota Malang. Mereka memilih bertahan meskipun terjadi penurunan jumlah penumpang pendapatan serta eksistensinya karena dihadapkan pada tantangan kegiatan ekonomi dan keuangan. Melalui kejadian tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pendapatan tukang becak kayuh dan pola konsumsinya. Tujuan tersebut dijabarkan lebih lanjut menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pendapatan yang diperoleh tukang becak kayuh tergolong rendah. Penghasilan tersebut digunakan tanpa melalui proses pencatatan perencanaan dan pengendalian serta evaluasi keuangan. Terbatasnya pengetahuan pengelolaan keuangan dan ketidakhirauan terhadap pengetahuan dasar keuangan menyebabkan kurangnya perencanaan terhadap simpanan masa depan serta meningkatkan keinginan untuk berhutang. Usia pendidikan dan jumlah keluarga menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi. Rata-rata pendapatan yang diperoleh dialokasikan untuk konsumsi kemudian sebagian untuk tabungan dengan jumlah yang cenderung sedikit dan tidak terencana. Pada proporsi konsumsi makanan rata-rata lebih besar jika dibandingkan konsumsi non makanan. Pengeluaran tagihan listrik dan air menduduki posisi utama dalam pengeluaran non makanan. Selanjutnya pengeluaran untuk kesehatan transportasi komunikasi dan pendidikan berada diposisi yang terakhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278874

Actions (login required)

View Item View Item