Pengaruh motif rasional dan emosional terhadap keputusan melakukan konsumsi e commerce / Muhammad Muchsinin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motif rasional dan emosional terhadap keputusan melakukan konsumsi e commerce / Muhammad Muchsinin

Muchsinin, Muhammad (2022) Pengaruh motif rasional dan emosional terhadap keputusan melakukan konsumsi e commerce / Muhammad Muchsinin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegiatan konsumsi lebih sering dilakukan dengan bantuan E-Commerce. Mahasiswa juga tidak terlepas dari pemanfaatan E-Commerce sebagai media untuk memudahkan kegiatan konsumsi. Motif yang mendorong seseorang melakukan konsumsi adalah motif rasional dan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh motif emosional dan rasional terhadap keputusan melakukan konsumsi E-Commerce secara parsial dan simultan. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018. Penentuan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling dan total sampel dengan rumus slovin diperoleh 97 mahasiswa yang menjadi responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau kuesioner kepada sampel penelitian dengan bantun Google Form. Analisis data yang dilakukan meliputi statistik deskriptif uji asumsi klasik regresi linier berganda Uji T Uji F dan Koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial motif rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan melakukan konsumsi E-Commerce sedangkan variabel motif emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan melakukan konsumsi E-Commerce. Selanjutnya secara simultan variabel motif rasional dan emosional berpengaruh signifikan terhadap keputusan melakukan konsumsi E-Commerce.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278873

Actions (login required)

View Item View Item