Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang) / Kunti Endah Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang) / Kunti Endah Pratiwi

Pratiwi, Kunti Endah (2014) Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang) / Kunti Endah Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Kunti Endah 2014. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 2). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H Sutrisno. MM (2) Dr. Wening Patmi Rahayu. Spd. MM Kata Kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Siswa dan Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Belajar merupakan suatu proses yang menimbulkan terjadinya perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan kecakapan. Dalam prosesnya belajar ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmani dan psikologis sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keadaan faktor internal faktor eksternal dan hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang. (2) Pengaruh dari faktor internal siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang. (3) Pengaruh dari faktor eksternal siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang. (4) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang sebanyak 182 siswa dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling maka didapat sampel sebanyak 119 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 4 alternatif jawaban. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahwa siswa SMK PGRI 2 Malang memiliki faktor internal dan eksternal yang cukup baik dan hasil belajar siswa SMK PGRI 2 Malang termasuk ke dalam kriteria nilai baik (rentangan nilai 75-89) (2) Terdapat pengaruh singnifikan secara parsial antara variabel faktor internal terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 Malang (3) Terdapat pengaruh singnifikan secara parsial antara variabel faktor eksternal terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 Malang (4) Terdapat pengaruh singnifikan secara simultan antara variabel faktor internal dan faktor eksternal terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi siswa SMK PGRI 2 Malang diharapkan belajar dengan bersunguh-sunguh sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar (2) Bagi pihak sekolah SMK PGRI 2 Malang sebagai penyedia layanan pendidikan diharapkan dapat selalu mengupayakan atau menyediakan peraturan dan fasilitas yang mendukung bagi siswa sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan proses belajar mengajar serta dapat memberikan solusi dari kebosanan dan kejenuhan yang dialami siswa (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar sehingga menambah kesempurnaan dari penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27887

Actions (login required)

View Item View Item