Pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 2 Batu / Febby Yustika Sesar Maulidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 2 Batu / Febby Yustika Sesar Maulidi

Maulidi, Febby Yustika Sesar (2022) Pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 2 Batu / Febby Yustika Sesar Maulidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 2020 Indonesia terdampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Sekolah diharuskan tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar ditengah adanya kebijakan menjaga jarak dan anjuran untuk menjauhi kerumunan sebagai salah satu upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Salah satu solusi terkait pelaksanaan proses pembelajaran era pandemi Covid-19 ialah dengan menyelenggarakan pembelajaran secara online atau dalam jaringan. Pembelajaran dalam jaringan mampu dilaksanakan dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbagai software yang relevan. Dengan memanfaatkan internet aktivitas belajar mampu dilaksanakan secara sinkron melalui video conference maupun asinkron melalui website pembelajaran. Selain sebagai fasilitas pendukung dalam pembelajaran online internet juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar oleh siswa. Internet mampu dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai salah satu alat untuk mampu menemukan informasi dan materi yang memiliki kaitan dengan pelajaran ekonomi dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar. Tujuan utama dilaksanakannya penelitian ini ialah guna melihat bagaimana pengaruh antara penggunaan internet selaku sumber belajar serta minat belajar terhadap hasil belajar. Sejalan dengan tujuan penelitian metode yang dipergunakan peneliti ialah kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi. Data yang digunakan diperoleh peneliti dengan mempergunakan instrumen yakni kuesioner serta dokumentasi hasil belajar. Kuesioner disusun peneliti berdasarkan beberapa indikator relevan yang terdiri dari 25 butir pertanyaan yang kemudian disebar melalui google form kepada peserta didik yang menjadi sampel. Sampel penelitian merupakan 106 peserta didik kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 2 Batu yang diambil dari populasi yang secara keseluruhan berjumlah 144 peserta didik. Data yang telah didapat kemudian dianalisa dengan memanfaatkan model regresi linier berganda. Penelitian yang telah dilaksanakan mendapatkan hasil bahwasanya secara parsial maupun simultan penggunaan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Kedua variabel bebas memiliki signifikansi yang bernilai 0.000. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan hasil koefisien determinasi yang bernilai 0.664. Dengan demikian sebesar 66 4% hasil belajar dipengaruhi oleh penggunaan internet selaku sumber belajar serta minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278868

Actions (login required)

View Item View Item