Pengembangan media pembelajaran "International Cooperation Media (INCOPEDIA)" berbasis android untuk mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi / Afifah Umrotul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "International Cooperation Media (INCOPEDIA)" berbasis android untuk mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi / Afifah Umrotul Khasanah

Khasanah, Afifah Umrotul (2022) Pengembangan media pembelajaran "International Cooperation Media (INCOPEDIA)" berbasis android untuk mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi / Afifah Umrotul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan pengembangan teknologi media pembelajaran dapat terintegrasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan siswa atas perkembangan teknologi. Microsoft PowerPoint merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang menjadi pilihan oleh guru namun terkadang penggunaan nya masih belum maksimal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi android dari Microsoft PowerPoint pada materi kerjasama ekonomi internasional. Penelitian ini memakai subjek penelitian yakni siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Gondanglegi. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis desain pengembangan implementasi serta evaluasi. Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan menunjukkan bahwa persentase validitas validator ahli materi sebesar 85% yang berarti sangat layak untuk digunakan dari ahli media sebesar 96 25% yang berarti sangat layak untuk digunakan dari validator praktisi pembelajaran ekonomi (guru) sebesar 92 22% yang berarti sangat layak untuk digunakan dan hasil uji coba lapangan menunjukkan presentase pengguna sebesar 94 14% yang berarti sangat layak untuk digunakan. Sehingga diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 91 90 % yang artinya media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278858

Actions (login required)

View Item View Item