Norrosyidah, Riska Ayu (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Riska Ayu Norros. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Norrosyidah Riska.A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Melakukan Penyerahan dan Pengiriman Produk (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suwarni M.Si (2) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Aktivitas Belajar Hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Malang khususnya kelas XI program keahlian pemasaran pada standar kompetensi melakukan penyerahan dan pengiriman produk diperoleh hasil bahwa siswa kurang aktif selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah tersebut disebabkan oleh adanya anggapan dari siswa bahwa mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk adalah mata pelajaran yang membosankan karena sebagian besar materinya adalah hafalan. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar dimana dari 26 siswa terdapat 10 siswa belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk sebesar 76 6 yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) aktivitas belajar hasil belajar kendala yang ditemukan pada standar kompetensi Melakukan Penyerahan dan Pengiriman Produk dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI program keahlian Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang sebanyak 26 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer model pembelajaran TTW berhasil diterapkan karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 72 8% pada siklus I menjadi 81 8% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif yang pada awalnya 76 6% meningkat menjadi 81 8% pada siklus I dengan 20 siswa tuntas mengikuti pembelajaran dan pada siklus II menjadi 85 8% dengan 24 tuntas. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan adalah guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran di kelas karena model pembelajaran ini mendorong siswa menjadi lebih aktif mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan tetapi dalam pelaksanaannya juga harus mempertimbangkan alokasi waktu sehingga pencapaian hasil lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |