Penerapan model pembelajaran example non example dengan menggunakan media movie maker pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Irma Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran example non example dengan menggunakan media movie maker pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Irma Hidayati

Hidayati, Irma (2014) Penerapan model pembelajaran example non example dengan menggunakan media movie maker pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Irma Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayati Irma. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Menggunakan Media Movie Maker Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si Kata Kunci Example Non Example Media Movie Maker Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam proses pembelajaran kewirausahaan di dalam kelas serta untuk mengetahui penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas X APK-3. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi catatan lapangan wawancara pelaksanaan tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan meliputi penyusunan model pembelajaran mempersiapan post test lembar observasi dan bentuk kelompok belajar siswa (2) tahap pelaksanaan tindakan meliputi pelaksanaan kegiatan dari perencanaan yang dibuat (3) tahap observasi yaitu pengamatan dari pelaksanaan tindakan melalui pedoman observasi dan (4) tahap refleksi. Dari hasil penelitian siklus pertama rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa yaitu 80 76% dan siklus kedua 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi mengelola konflik dapat meningkat melalui penerapan model example non example. Peneliti berharap kepada guru yang mengajar mata pelajaran kewirausahaan agar memvariasikan model pembelajaran yang berbeda pada setiap topik/KD agar siswa tertarik dalam belajar yang nantinya berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item