Pengaruh konsep diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Theodora Dyah Listyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konsep diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Theodora Dyah Listyorini

Listyorini, Theodora Dyah (2014) Pengaruh konsep diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Theodora Dyah Listyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

orini Theodora Dyah. 2014. Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci Konsep Diri Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Siswa 12288 12288 12288 Konsep diri dan prestasi belajar bersifat dinamis masing masing saling mendukung dalam hal perubahan positif (atau negatif) dalam diri seseorang memudahkan terjadinya perubahan yang sebanding dalam hal lain. Siswa yang memiliki konsep diri tinggi cenderung di lingkungan sekolah melakukan pendekatan terhadap tugas sekolah dengan percaya diri dan kesuksesan dalam tugas tersebut memperkuat kepercayaan diri mereka. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) konsep diri lingkungan sekolah dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen (2) pengaruh antara konsep diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi siswa SMK Negeri 1 Turen yang dilakukan secara parsial. 12288 12288 12288 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Manajemen Bisnis dan Pemasaran kelas X dan XI SMK Negeri 1 Turen Tahun Ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian sebanyak 109 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri dan lingkungan sekolah jurusan Manajemen Bisnis dan Pemasaran kelas X dan XI di SMK Negeri 1 Turen adalah baik hal ini dapat dilihat bahwa nilai jawaban responden untuk konsep diri 3 68 dan lingkungan sekolah 3 92 dimana nilai tersebut di bawah angka 4 0 (2) prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen Jurusan Manajemen Bisnis dan Pemasaran kelas X dan XI adalah baik hal ini dapat dilihat bahwa nilai prestasi belajar responden adalah 81-90 dimana nilai tersebut di atas nilai KKM yaitu 75 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen jurusan Manajemen Bisnis dan Pemasaran dilakukan secara parsial. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh konsep diri dan lingkungan sekolah adalah sebesar 52 2% dan sisanya 47 8% ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) guru memberikan bimbingan untuk menunjukkan sikap mana yang baik dan salah. Guru diharapkan dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam belajar dan memberikan dorongan motivasi belajar sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam melakukan prestasi belajar di sekolah. (2) peneliti selanjutnya dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan khususnya para peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lanjutan hendaknya memperluas ruang lingkup penelitian dengan mencari variabel lain yang signifikan untuk mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item View Item