Pengaruh perbedaan gaya belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Masfufah Dwi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perbedaan gaya belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Masfufah Dwi Kurniasari

Kurniasari, Masfufah Dwi (2014) Pengaruh perbedaan gaya belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Masfufah Dwi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniasari M.D. 2014. Pengaruh Perbedaan Gaya Belajar dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belar Siswa Kewirausahaan di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi R S.Pd M.M. (II) Dr. Suwarni M.Si. Kata kunci Perbedaan Gaya Belajar Kecerdasan Interpersonal Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar merupakan tolak ukur siswa guna untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami suatu materi. Dimana hasil belajar di pengaruhi beberapa faktor yaitu internal (kepribadian kecerdasan gaya belajar) dan eksternal (lingkungan media pendidikan dan sarana). Diantaranya menjadi fenomena baru dikalangan akedemisi terkait faktor internal yang mempengaruhi pemahaman materi matapelajaran siswa diantaranya gaya belajar dan tingkat kecerdasan (Intelligent). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Perbedaan gaya belajar kecerdasan interpersonal dan hasil belajar (2) Pengaruh Perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (3) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas XI SMK Islam Batu sebanyak 227 siswa dan sampelnya sebesar 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan 33 item pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik model regresi memenuhi asumsi normalitas dan layak untuk dipakai tidak terjadi mutikolineritas tidak terjadi heteroskedastisitas dan ketiga gaya belajar tersebut berdasarkan hasil belajarnya mempunyai varian yang sama.Teknikanalisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan analisis varian ANOVA. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahwa tidak terdapat pengaruh perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Islam Batu (2) Tidak terdapat pengaruh kecerdasan Interpersonal terhadap hasil belajar siswa SMK Islam Batu dan (3) Tidak ada perbedaan antara keragaman gaya belajar pada SMK Islam Batu. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Perlu adanya kemauan untuk berinteraksi antara teman maupun guru serta dapat menyadari perbedaa kecenderungan gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik sehingga dapat membantu cara belajar sasaran belajar yang efektif dan efisien (2) Sebagai sumbangan pemikiran bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mengetahui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar dan kecerdasan yang berbeda-beda maka guru lebih memberikan motivasi seperti memberitahu cara belajar dan gaya belajar yang sesui dengan siswa perhatian kepada siswa yaitu dengan cara memperhatikan siswa yang aktif dan pasif dan memberikan saran-saran kepada siswa yang pasif untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) Sebagai masukan bagi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar anaknya yaitu dengan tetap memberikan pengawasan dan perhatian yang cukup terhadap perkembangan anaknya dalam belajar di sekolah. Selain itu tetap memperhatikan pemenuhan kebutuhan sekolah seperti buku alat praktik dan media belajar yang lain agar mereka dapat lebih bersemangat untuk belajar dan dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi. (4) Bagi peneliti yang berminat untuk melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan hasil belajar yang digunakan dalam penelitan yaitu menggunakan nilai murni sebelum adanya remidian perhatikan keseriusan dan ketepatan siswa dalam pengisian angket serta memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar seperti factor eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item