Jauhari, Ratna Kumala (2014) Analisis kebiasaan belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ratna Kumala Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jauhari R.K. 2014. Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ludi Wishnu W.S.T. SE S.pd M.M (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. 12288 12288 12288 Kata kunci Kebiasaan Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewirausahaan 12288 12288 12288 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X Akuntansi pada penelitian ini pada tanggal 23 Mei 2012 sampai dengan 3 Juni 2012 . Berdasarkan hasil observasi waktu Program Pengalaman Lapangan banyak keluhan guru bahwa kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mempunyai beberapa kekurangan dalam kebiasaan belajar. Diantaranya sebagian besar siswa cenderung kurang mempunyai semangat untuk mencari ilmu pada mata pelajaran kewirausahaan ketika berada dikelas siswa belum bisa mengenali diri sendiri tentang kebiasaan belajar yang kurang baik. Hal ini bisa dilihat ketika peneliti observasi dan mayoritas siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen masih belum bisa memperhatikan penjelelasan dari guru ketika guru sedang menerangkan pelajaran kewirausahaan dikelas. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa kelas x jurusan akutansi pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Peneliti menggunakan metode pengambilan data dengan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif sebagai pendekatannya serta triangulasi untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian yang diperoleh dari 23 subyek yang memiliki kebiasaan belajar dari gaya belajar visual yang gemar dalam hal membaca buku 10 subyek yang memiliki kebiasaan belajar dari gaya belajar auditorial bahwa subyek mengingat sesuatu dengan pendengaranya dan 14 subyek yang memiliki kebiasaan belajar dari gaya belajar kinestik bahwa subyek lebih mudah mengingat pelajaran praktik daripada teoritik. 12288 12288 12288 Adapun saran yang dapat diajukan terkait dengan temuan dalam penelitian ini adalah untuk siswa agar mengetahui kecenderungan kebiasaan belajar yang dimilikinya dengan mengenal gaya belajar dan cara belajarnya setiap siswa diharapkan dapat memaksimalkan kebiasaan belajar tersebut guna mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuannya agar guru dapat memahami karakteristik belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual auditorial dan kinestetik serta memilih metode atau model pembelajaran yang sesuai sehingga siswa paham terhadap materi pelajaran dan bisa meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |