Efektivitas penggunaan media audio visual berupa powerpoint dan video terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Widya - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media audio visual berupa powerpoint dan video terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Widya

Widya, Kartika (2014) Efektivitas penggunaan media audio visual berupa powerpoint dan video terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Widya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widya Kartika. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Berupa Powerpoint dan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M Kata Kunci Hasil Belajar Siswa Media Audio Visual 12288 12288 Hasil belajar merupakan tolak ukur di dalam dunia pendidikan yang merupakan harapan bagi guru dan bagi siswa yang menjalani proses pembelajaran. Media audio visual memperoleh salah satu media yang penting dalam menentukan keberhasilan hasil belajar siswa di sekolah. 12288 12288 Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media audio visual dengan yang tidak menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimental design. 12288 12288 Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X sebanyak dua ratus sepuluh siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak delapan puluh siswa yang diambil dari dua kelas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji beda rata-rata dan uji hipotesis. 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelompok yang diajarkan dengan metode konvensional cenderung lebih rendah dibandingkan dengan hasil siswa yang diajarkan menggunakan media audio visual. Jadi media audio visual berupa powerpoint dan video lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada siswa agar lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan dan ketrampilan proses belajar. Sedangkan untuk guru agar dalam pembelajaran menggunakan media audio visual sebagai alternatif pilihan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Untuk sekolah perlu adanya pengetahuan lebih tentang penggunaan media audio visual yang lebih lengkap serta dapat mengembangkan penggunaan media di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27878

Actions (login required)

View Item View Item