Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Islam Batu tahun ajaran 2013/2014) / Noor Afida Hanum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Islam Batu tahun ajaran 2013/2014) / Noor Afida Hanum

Hanum, Noor Afida (2014) Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Islam Batu tahun ajaran 2013/2014) / Noor Afida Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanum Noor Afida. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Siswa Kelas X SMK Islam Batu Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd M.Sc. Kata Kunci Efikasi Diri Motivasi Belajar dan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar yang tinggi merupakan indikator keberhasilan dalam proses belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah dengan cara menumbuhkan efikasi diri dan motivasi belajar yang baik pada diri siswa. Efikasi diri memberikan fungsi bagi para siswa untuk selalu menyakini kemampuan diri dalam mengerjakan tugas-tugas meskipun tugas tersebut sulit siswa tidak akan mudah menyerah dalam mengerjakan tugas untuk mencapai hasil yang ingin dicapai. Motivasi belajar juga merupakan hal yang sangat penting dalam belajar karena dengan memiliki motivasi belajar yang baik akan selalu menggerakan siswa untuk tetap belajar secara rutin dan secara bersamaan hasil belajar siswa akan meningkat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan pada kelas X di SMK Islam Batu penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi (eksplanatory research). Jumlah populasini sebanyak 187 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 127 siswa dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Pemilihan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala Likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas multikolinieritas dan uji heteroskedastitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Efikasi diri dan motivasi belajar termasuk klasifikasi tinggi dan hasil belajar dinilai baik pada kelas X di SMK Islam Batu (2) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. (3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. (4) Efikasi diri dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya adalah (1) Siswa diharapkan terus melatih diri untuk mengerjakan tugas yang sulit secara tepat waktu dengan cara selalu meningkatkan efikasi diri agar memiliki penguasaan materi yang baik dan yakin guna menunjang ketercapaian hasil belajar yang optimal (2) Guru diharapkan memberikan reward berupa pujian ketika siswa memberikan pendapat/jawaban agar siswa lebih termotivasi dalam belajar (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa tidak hanya terbatas pada variabel efikasi diri dan motivasi belajar karena masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27876

Actions (login required)

View Item View Item