Penerapan lesson study dengan pembelajaran kooperatif model CIRC untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran mata pelajaran pelayanan prima di SMK PGRI 3 Malang) / Rudy Sondang Sinaga - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study dengan pembelajaran kooperatif model CIRC untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran mata pelajaran pelayanan prima di SMK PGRI 3 Malang) / Rudy Sondang Sinaga

Sinaga, Rudy Sondang (2014) Penerapan lesson study dengan pembelajaran kooperatif model CIRC untuk meningkatkan aktivitas belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran mata pelajaran pelayanan prima di SMK PGRI 3 Malang) / Rudy Sondang Sinaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sinaga Rudy Sondang. 2013. Penerapan Lesson Study dengan Pembelajaran Kooperatif Model CIRC untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. (Studi pada Siswa Kelas X Pemasaran Mata Pelajaran Pelayanan Prima di SMK PGRI 3 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Dosen Pembimbing (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci Lesson Study CIRC Keaktifan Siswa. 12288 12288 12288 12288 Pada saat peneliti melakukan penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran sangatlah rendah. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan materi yang telah disampaikan oleh guru karena banyak siswa yang membuat aktivitas sendiri misalnya seperti siswa bercanda dengan temannya siswa mengerjakan tugas untuk mata pelajaran lain dan beberapa siswa terlihat mengantuk. Dalam menyampaikan materi guru masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga proses pembelajaran kurang interaktif. Untuk mengatasi hal ini dapat diterapkan dengan Lesson Study model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran penerapan Lesson Study dengan model pembelajaran CIRC (2) keaktifan belajar siswa dalam menerima Lesson Study dengan model pembelajaran CIRC (3) kendala dan solusi yang ditemukan pada penerapan Lesson Study dengan model pembelajaran CIRC. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class room Action Research dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Pemasaran di SMK PGRI 3 Malang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi tes dokumen catatan lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Lesson study dengan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Malang dapat meningkatkan aktivitas belajar (2) Berdasarkan hasil data observasi kelima observer maka jumlah skor yang diperoleh adalah 95 71% berarti taraf keberhasilan kegiatan peneliti termasuk dalam kategori A. Terjadi peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28.57%. Hasil observasi siklus II menunjukkan semua siswa kelas Pemasaran dapat mencapai hampir semua indikator penilaian aktifitas dengan persentase 95.71%. (3) Kendala dan solusi yang diperoleh adalah pengelolaan kelas yang kurang efektif sehingga guru harus lebih aktif dalam memberikan pengertian dan berkomunikasi dengan baik kepada siswa. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan peneliti yakni (1) Penerapan lesson study dengan pembelajaran kooperatif model CIRC pada mata pelajaran pelayanan prima hendaknya dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan khususya pada efektifitas waktu. (2) hendaknya guru Pelayanan Prima di berbagai SMK mencoba berbagai model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27874

Actions (login required)

View Item View Item