Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang / Novita Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang / Novita Handayani

Handayani, Novita (2014) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang / Novita Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handayani N. 2014. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M. Si (2) Handri Dian Wahyudi S. Pd S. E M. Sc Kata Kunci Minat Kebiasaan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan berperan strategis dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah sebagai salah satu pelaksana pendidikan perlu melakukan upaya untuk terus memperbaiki kualitas pendidikan sehingga menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing seiring perubahan zaman. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Peran siswa juga tidak bisa disampingkan karena dalam proses belajar yang kompleks siswa sebagai penentu terjadinya atau tidak terjadinya kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang (2) Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar secara Parsial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang (3) Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar secara Simultan terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif (explanation research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Jurusan Manajemen Niaga tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 125 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 75 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa instrumen angket dan dokumentasi. Menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas multikolinieritas dan heteroskedastisitas serta analisis regresi berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat siswa tergolong cukup tinggi kebiasaan belajar siswa tergolong baik dan prestasi belajar siswa tergolong cukup pada mata pelajaran pemasaran online Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang (2) Minat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang (3) Minat dan kebiasaan belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi Pimpinan/ Kepala Sekolah PGRI 3 Malang diharapkan lebih berupaya untuk melengkapi fasilitas sekolah penunjang kegiatan belajar mengajar yang memadai sehingga siswa akan mengikuti kegiatan belajar dengan baik (2) Bagi seluruh guru di SMK PGRI 3 Malang sebaiknya selalu melakukan pengawasan dalam memonitoring siswa untuk menggunakan fasilitas yang tersedia sesuai dengan fungsinya saat kegiatan belajar mengajar (3) Bagi seluruh siswa di SMK PGRI 3 Malang sebaiknya berusaha meningkatkan keaktifan bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan saat pelajaran berlangsung sehingga tidak menghambat pemahaman siswa pada materi selanjutnya. Serta selalu berusaha membentuk kebiasaan belajar yang lebih baik khususnya perlu memperhatikan kesesuaian bacaan dengan materi sehingga kegiatan membaca dapat mendukung dan memantapkan materi yang diajarkan di kelas (4) Bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan variabel selain minat dan kebiasaan belajar yang dapat berpengaruh penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa contohnya seperti intelegensi bakat kondisi lingkungan siswa metode mengajar guru relasi antara guru dan siswa disiplin sekolah waktu sekolah keadaan gedung sekolah dan fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27873

Actions (login required)

View Item View Item