Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Puput Ika Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Puput Ika Wulansari

Wulansari, Puput Ika (2014) Pengembangan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Puput Ika Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulansari Puput Ika. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M (II) Dr. Suwarni M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Audio Visual Model-model Pemasaran. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media audio visual menggunakan model pengembangan Dick and Carey terdiri atas (1) analisis kebutuhan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pebelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan umum dan khusus (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif dan (9) melakukan revisi. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi oleh ahli materi memberikan penilaian 92% dengan kriteria sangat valid ahli media memberikan penilaian 85% dengan kriteria sangat valid hasil proses evaluasi formatif menghasilkan rata-rata nilai pre test kelas eksperimen 51 36 dan kelas kontrol 50 30. Sedangkan nilai post test pada kelas eksperimen 84 62 dan kelas kontrol 77 79. Perbedaan rata-rata nilai post test sebesar 6 83 dengan peningkatan nilai siswa pada kelas eksperimen yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 75) sebesar 31 siswa dari 33 siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual berguna dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen 84 62 dan kelas kontrol 77 79 menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran audio visual. 12288 12288 12288 12288 Saran pemanfaatan media pembelajaran bagi pengguna media audio visual yaitu (1) pastikan software dan hardware mendukung untuk menampilkan media audio visual (2) pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas hendaknya dilengkapi dengan hardware berupa speaker atau sound system yang digunakan untuk menyalurkan audio atau suara agar siswa dapat mendengarkan suara pada saat penayangan video dengan baik (3) guru/penyaji perlu strategi pengelolaan yang baik agar pendengar tidak jenuh. Pengembangan produk lebih lanjut pada penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual perlu diperhatikan beberapa hal antara lain (1) media pembelajaran audio visual bersifat dinamis oleh karena itu saran untuk pengembang produk media selanjutnya lebih banyak mengembangkan media yang lebih inovatif supaya siswa tidak jenuh dalam kegiatan pembelajaran (2) peneliti selanjutnya dapat menambahkan berbagai video penunjang atau materi yang relevan untuk memudahkan pemahaman siswa (3) peneliti selanjutnya dapat menggunakan media audio visual untuk setiap siswa di dalam kelas yang dilengkapi sarana yang mendukung berupa software dan hardware (4) peneliti selanjutnya harus memperhatikan waktu keseluruhan dari tampilan media agar tampilannya tidak terlalu lama sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27872

Actions (login required)

View Item View Item