Oktavia, Novi (2014) Lingkungan keluarga dan gaya belajar (learning style) terhadap hasil belajar siswa di SMK Wisnu Wardhana Malang / Novi Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Oktavia Novi.2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Wisnuwardhana Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Trisetia Wijijayanti S.E. M.Ba. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Gaya Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya yaitu faktor belajar lingkungan keluarga dan gaya belajar. Jadi faktor internal yang ada di dalam diri siswa dan eksternal harus seimbang. Lingkungan Keluarga sebagai faktor eksternal harus membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar dapat mengukur hak dan kewajiban anak didalam lingkungan keluarga. Gaya belajar sebagai faktor internal siswa yang ada didalam diri siswa siswa harus mengetahui bagaimana cara yang efektif siswa untuk menangkap informasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Lingkungan keluarga gaya belajar dan hasil belajar siswa di SMK Wisnuwardhana Malang (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMK Wisnuwardhana Malang (3) Pengaruh Gaya Belajar siswa SMK Wisnuwardhana Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. 12288 12288 12288 12288 Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Wisnuwardhana Malang sebanyak 174 orang. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling jumlah sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga di SMK Wisnuwardhana adalah sangat baik hal ini karena lingkungan keluarga siswa SMK Wisnuwardhana mempunyai peran dalam kegiatan belajar dan mempengaruhi hasil belajar. (2) Gaya belajar baik hal ini karena siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan siswa menguasai gaya belajar mereka. (3) Prestasi belajar siswa SMK Wianuwardhana adalah baik. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa di SMK Wisnuwardhana Malang. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Wisnuwardhana. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan untuk SMK Wisnuwardhana Malang adalah peneliti menyarankan kepada siswa agar lebih sering berkomunikasi dengan lingkungan keluarga agar orang tua mengetahui kebutuhan anaknya. Di dalam proses belajar mengajar harus memperhatikan penjelasan guru dan mencatat pelajaran agar mudah untuk diingat. Siswa harus pandai-pandai mengarur waktu belajar. Bapak Ibu guru memperhatikan siswa dengan baik misalnya siswa yang pandai didudukkan dengan siswa yang kurang pandai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |