Pengembangan media pembelajaran video berbasis kreativitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu) / Pandu Wahyudianarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video berbasis kreativitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu) / Pandu Wahyudianarta

Wahyudianarta, Pandu (2014) Pengembangan media pembelajaran video berbasis kreativitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu) / Pandu Wahyudianarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyudianarta Pandu. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Kreativitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Tahun Ajaran 2013/2014 (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (2) Dr. Ludi Wisnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci media pembelajaran video hasil belajar kewirausahaan 12288 12288 12288 12288 Banyak usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. SMK yang bertujuan dapat mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini dan yang akan datang. Guru ingin menggunakan media alternatif video sebagai media membantu dalam proses pembelajaran. Penggunaan media yang bisa menarik perhatian siswa maka seorang guru dituntut pandai dalam membuat media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dan kelas. Salah satu standar kompetensi yang diajarkan di SMK Negeri Boyolangu program keahlian Pemasaran adalah Mengelola Konflik. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk (1) menghasilkan produk berupa video media pembelajaran berbasis kreativitas pada standar Mengelola Konflik (2) untuk mengetahui validitas produk video sebagai media pembelajaran video pada materi Mengelola Konflik serta (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video dengan yang tidak menggunakan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Borg dan Gall. Kemudian peneliti menggunakan model pengembangan Research And Development yang dikembangkan Sugiyono melalui tahap-tahap (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) revisi produk (7) uji coba pemakaian dan (8) revisi produk. Validitas media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media kepada siswa kelas X PM SMK Negeri 1 Boyolangu. Dengan menggunakan post-test maka perbedaan hasil belajar siswa dapat diketahui. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi ahli materi sebesar 70 78% yang menyatakan materi sudah baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli media menunjukkan 86 33% dan dinyatakan media pembelajaran video sudah sangat baik dan sangat layak. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran video berbasis kreativitas ini berguna dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari hasil Post Test kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh hasil nilai (-2 341 -2 021) dan Pr (0 02 0 05) maka H0 ditolak. Dari nilai rata-rata kelas kontrol 79 71 dan kelas eksperimen 82 74 yang menunjukkan adanya perbedaan nilai post-test pada kedua kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item