Pengaruh lingkungan keluaraga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelasa X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Rizka Auwal Romadhona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluaraga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelasa X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Rizka Auwal Romadhona

Romadhona, Rizka Auwal (2014) Pengaruh lingkungan keluaraga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelasa X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Rizka Auwal Romadhona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romadhona Rizka Auwal. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2013/2014).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M Kata kunci Lingkungan Keluarga Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal salah satunya adalah kebiasaan belajar sedangkan faktor eksternal salah satunya adalah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga dalam penelitian ini termasuk cara orang tua mendidik anak belajar. Begitu juga kebiasaan belajar dalam penelitian ini merupakan perilaku siswa atau cara siswa ketika belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kondisi lingkungan keluarga kebiasaan belajar dan prestasi belajar (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa dan (4) Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expostfacto. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang sebanyak 123 siswa dan sampelnya sebesar 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Lingkungan keluarga siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang adalah baik dan kebiasaan belajar siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang dikategorikan baik prestasi belajar siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang dikategorikan baik. (2) Lingkungan keluarga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3 (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3 (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Manajemen Niaga SMK PGRI 3. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi siswa kelas X Jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang diharapkan untuk membiasakan membaca buku mata pelajaran sebelum ataupun sesudah proses belajar mengajar selain itu siswa diharapkan dapat mempertahankan kebiasaan belajar mereka yang sudah baik agar prestasi belajar yang tinggi tetap dapat dicapai. (2) Bagi Guru sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena mengetahui bahwa setiap siswa memiliki lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar yang berbeda-beda maka guru perlu memberikan perhatian kepada siswa khususnya memberikan dorongan agar siswa membiasakan membaca buku mata pelajaran. (3) Bagi Orang Tua sebagai masukan untuk meningkatkan prestasi belajar anaknya yaitu dengan memberikan bantuan untuk kesulitan belajar anak selain itu tetap memberikan pengawasan dan perhatian terhadap waktu belajar anak sehingga prestasi yang dicapai dapat maksimal. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa seperti motivasi belajar minat dan fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27867

Actions (login required)

View Item View Item