Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa di SMK Negeri 2 Blitar / Diana Rufaida Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa di SMK Negeri 2 Blitar / Diana Rufaida Sari

Sari, Diana Rufaida (2014) Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa di SMK Negeri 2 Blitar / Diana Rufaida Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Diana Rufaida. 2014. Peranan Koperasi Sekolah sebagai Sarana Pendidikan dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Siswa di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd. M.M. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata kunci Koperasi Sekolah Jiwa Entrepreneurship Siswa Koperasi sekolah merupakan salah satu bagian yang penting dalam proses belajar mengajar di sebuah lembaga pendidikan formal khususnya dalam mata pelajaran kewirausahaan. Melalui penyelenggaraan koperasi sekolah diharapkan para siswa dapat memahami kegiatan yang sebenarnya dilakukan dalam sebuah koperasi. Koperasi memberikan manfaat yang nyata pada setiap anggota atas peranannya. Koperasi dapat melatih dan mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan koperasi sekolah di SMK Negeri 2 Blitar mengetahui manfaat yang diperoleh siswa SMK Negeri 2 Blitar dengan adanya praktek berkoperasi di sekolah dan mengetahui peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa SMK Negeri 2 Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Blitar Guru Pembina Koperasi Sekolah Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan Karyawan Koperasi Sekolah dan Siswa SMK Negeri 2 Blitar. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi Observasi Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi Data Penyajian Data dan Verifikasi. Keabsahan data diuji dengan Triangulasi sumber Menggunakan bahan referensi dan Ketekunan/ keajegan pengamatan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa (1) Pengelolaan koperasi sekolah SMK Negeri 2 Blitar sudah berjalan dengan baik. Terdapat program-program untuk mengoptimalkan pengelolaannya. Pengelolaan dan perencanaannya tertulis dalam rencana kerja pengurus tahun 2013/2014. (2) Banyak manfaat yang diperoleh oleh siswa dengan mengikuti kegiatan berkoperasi di sekolah dapat menunjang kegiatan pembelajaran siswa di sekolah. Siswa dilatih untuk mempunyai tanggung jawab bekerjasama dan belajar kemandirian. Siswa juga diajarkan untuk mempunyai keterampilan dan pengalaman berwirausaha. (3) Peranan koperasi sekolah di SMK Negeri 2 Blitar dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa sudah berperan sangat efektif bagi siswa koperasi sekolah sudah menjadi sarana belajar berwirausaha siswa ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan praktek berkoperasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian peneliti menyarankan (1) Pengurus koperasi sekolah hendaknya menambahkan program-program yang dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa dengan diadakannya pelatihan khusus untuk siswa di luar jam pelajaran sekolah. (2) Guru pembina koperasi sekolah dan pengurus koperasi sekolah seharusnya melibatkan seluruh siswa dalam satu kelas untuk melakukan kegiatan praktek berkoperasi setiap harinya. (3) Pihak sekolah hendaknya memperbaiki sarana jual beli yang ada di koperasi sekolah serta memperluas ruangan koperasi sekolah. (4) Guru pembina koperasi sekolah dan karyawan koperasi sekolah hendaknya memberikan sanksi seperti denda apabila masih ada siswa yang belum membeli voucher wajib belanja setiap bulannya. (5) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti permasalahan yang sama dengan penelitian ini hendaknya menggunakan objek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27865

Actions (login required)

View Item View Item