Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran / Intan Kristy Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran / Intan Kristy Septiana

Septiana, Intan Kristy (2014) Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran / Intan Kristy Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septiana Intan Kristy. 2014. Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M.A. M.Si (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Kepuasan Pengguna Lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran Kepuasan merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah organisasi. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Kepuasan pengguna lulusan dalam pendidikan akan menjadi tolak ukur kinerja lulusan sebuah sekolah serta membantu permasalahan pengangguran. Informan dalam penelitian ini adalah pengguna lulusan SMK Negeri 2 Blitar atau pemilik usaha dan alumni SMK Negeri 2 Blitar. Melalui pemilik usaha kepuasan pengguna lulusan dapat diketahui karena lulusan SMK Negeri 2 Blitar bekerja di tempat pemilik usaha tersebut sehingga pemilik usaha dapat memberikan gambaran tentang kepuasan menggunakan lulusan SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang keterlibatannya sebagai pengamat penuh. Peneliti juga berperan perencana tindakan pengumpulan data penganalisis data sekaligus pembuat laporan hasil penelitian. Keabsahan data dilakukan triangulasi sumber data dan triangulasi metode dengan cara membandingkan dan pengecekan antara sumber data observasi wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) secara umum kompetensi yang ada di SMK Negeri 2 Blitar menurut pengguna lulusan tergolong baik dan sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan atau di tempat kerja. (2) hasil wawancara dengan pengguna lulusan menyatakan puas dengan kinerja lulusan SMK Negeri 2 Blitar Program Keahlian Pemasaran. Tingkat kepuasan pengguna lulusan ada dua faktor yaitu konsumen tidak ada yang mempermasalahkan kinerja lulusan dan kinerja lulusan sesuai dengan apa yang dikehendaki pemilik usaha. (3) Dalam mengukur relevansi kompetensi dengan bidang pekerjaan ada dua hal pertama kesamaan kompetensi dengan bidang pekerjaannya kedua dilihat dari seberapa besar kompetensi tersebut dimanfaatkan lulusan saat bekerja. Kerelevansian tersebut dapat dilihat dari tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan kompetensi lulusan. Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian adalah Kepada Kepala Sekolah (1) Pihak sekolah segera memperbarui data alumni untuk mengetahui keberadaan tempat kerja alumni untuk perbaikan kurikulum kompetensi maupun silabus pembelajaran. (2) Sekolah seharusnya menambah kerjasama dengan pihak DUDI yang ada di Blitar maupun yang lain agar siswa-siswi yang nantinya lulus cepat mendapat kerja agar tidak terjadi pengangguran. Kepada Pihak Dunia Usaha atau Dunia Industri (1) Dunia Usaha atau Dunia Industri harusnya welcome atau berpatisipasi dengan adanya SMK atau lulusan SMK yang akan bekerja (2) Dunia Usaha atau Industri seharusnya memiliki program HRD seperti beasiswa untuk siswa SMK yang berprestasi atau memiliki potensi lebih. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi lulusan SMK Negeri 2 Blitar program keahlian pemasaran menurut pengguna mengetahui kepuasan pengguna lulusan SMK Negeri 2 Blitar program keahlian pemasaran dan mengetahui relevansi kompetensi dengan bidang pekerjaan lulusan SMK Negeri 2 Blitar program keahlian pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27864

Actions (login required)

View Item View Item