Efektivitas pembelajaran kooperatif model STAD dengan media film untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3 (studi pada SMK Islam Batu) / Dionesia Virgianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran kooperatif model STAD dengan media film untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3 (studi pada SMK Islam Batu) / Dionesia Virgianto

Virgianto, Dionesia (2014) Efektivitas pembelajaran kooperatif model STAD dengan media film untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3 (studi pada SMK Islam Batu) / Dionesia Virgianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Virgianto Dionesia 2014. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model STAD dengan Media Film untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran K3 (Studi pada SMK Islam Batu). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Suwarni M.Si. Kata kunci kooperatif model STAD dengan media film hasil belajar 12288 12288 12288 Model pembelajaran konvensional sering digunakan karena terkesan gampang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar di Indonesia padahal untuk lebih meningkatkan hasil belajar ada banyak sekali model pembelajaran yang harus digunakan dan media yang mendukungnya seperti kooperatif tipe STAD dengan media film. Dengan adanya kooperatif STAD dengan media film ini maka kegiatan pembelajaran akan semakin menarik karena dapat menggali potensi dalam diri siswa dan membantu siswa dalam berimajinasi kemudian yang nantinya akan meningkatkan dan memaksimalkan proses pembelajaran. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran K3 dengan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media film (2) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (3) respon siswa terhadap model dan media yang diberikan selama proses pembelajaran. 12288 12288 12288 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK 1 dan X AK 2 SMK Islam Batu Tahun Ajaran 2014/2015 dengan sampel penelitian sebanyak 77 siswa atau seluruh populasi sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Pre Test Post Test dan Kuesioner. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media film lebih tampak minat dan perhatiannya terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas dibandingkan kelas yang menggunakan pembelajaran model konvensional. (2) Hasil gain skor yang diperoleh kelas eksperimen adalah sebesar 1230 sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh gain skor sebesar 780. Dari temuan tersebut dapat diketahui bahwa gain skor kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. (3) kegiatan pembelajaran yang diterapkan sudah termasuk baik. Sehingga siswa mampu menyerap materi dengan baik dari perolehan data kuesioner dari 21 responden (54%) yang menyatakan baik sedangkan 15 responden (38%) menyatakan sangat baik. Sedangkan media yang diterapkan juga termasuk baik dari hasil perolehan kuesioner bahwa 20 responden (51%) menyatakan bahwa kooperatif model STAD sudah baik sedangkan 17 responden (44%) menyatakan bahwa kooperatif model STAD dengan film sangat baik. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran K3 orang tua dan siswa supaya membina membimbing mengawasi mengarahkan pembelajaran yang baik dan mendukung sarana dan prasarana kepada siswa yang nantinya akan berdampak langsung ke hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

View Item View Item