Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar terhadap hasiul belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Elysa Cighra Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar terhadap hasiul belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Elysa Cighra Widyawati

Widyawati, Elysa Cighra (2014) Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar terhadap hasiul belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2013/2014) / Elysa Cighra Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widyawati Elysa Cighra. 2014. Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Titis Shinta Dewi S.P. M.M Kata kunci Efikasi Diri (self efficacy) Lingkungan Belajar Prestasi Belajar Siswa Prestasi belajar dapat dipengaruhi beberapa faktor agar proses belajar berjalan dengan baik. Salah satu faktor yang berasal dari dalam dan dari luar individu siswa yaitu efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar. Efikasi diri (self efficacy) tinggi yang dimiliki siswa akan memberikan pengaruh secara kognitif untuk bertindak lebih tekun terutama bila prestasi belajar siswa tersebut merupakan tujuan yang ingin dicapainya. Demikian halnya dalam proses belajar juga memerlukan lingkungan belajar yang nyaman sehingga memudahkan siswa dalam berkonsentrasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) deskripsi kondisi efikasi diri (self efficacy) lingkungan belajar dan prestasi belajar siswa (2) pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa dan (4) pengaruh antara efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang sebesar 123 siswa dan sampelnya sebesar 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil yang didapat melalui penyebaran kuesioner atau angket menunjukkan bahwa (1) Efikasi diri (self efficacy) siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang tergolong baik lingkungan belajar siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang tergolong baik serta prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 3Malang tergolong tinggi (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri (self efficacy) terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang dan (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri (self efficacy) dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan Manajemen Niaga SMK PGRI 3 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi siswa SMK PGRI 3 Malang diharapkan agar memiliki efikasi diri untuk meningkatkan keyakinan terhadap dirinya atas kemampuan yang dimiliki dan mewujudkan lingkungan belajar yang ada di sekitar siswa secara kondusif agar dapat memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (2) Bagi guru SMK PGRI 3 Malang diharapkan memberikan motivasi dan memantau siswa dalam memberikan tugas serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang ada di sekolah secara kondusif agar dapat meningkatkan prestasi belajar dan (3) Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27859

Actions (login required)

View Item View Item