Faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa program Studi Pendidikan Tata Niaga untuk berminat menjadi guru (studi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 dan 2011) / Nofia Alfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa program Studi Pendidikan Tata Niaga untuk berminat menjadi guru (studi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 dan 2011) / Nofia Alfiani

Alfiani, Nofia (2014) Faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa program Studi Pendidikan Tata Niaga untuk berminat menjadi guru (studi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 dan 2011) / Nofia Alfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfiani Nofia. 2014. Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga untuk Berminat Menjadi Guru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P M.M. Kata Kunci faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa minat menjadi guru 12288 12288 12288 12288 Indonesia yang merupakan salah satu negara berkembang saat ini sedang giat-giatnya membenahi sistem pendidikannya. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu pendidikan salah satunya adalah tenaga pendidik atau guru. Adanya peningkatan kualitas tenaga pendidik akan dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidikan yang akhirnya akan berimbas terhadap kemajuan Negara Indonesia. Akan tetapi permasalahan muncul karena banyak mahasiswa jurusan keguruan yang telah lulus kuliah berpindah jalur pekerjaan di bidang lain selain dunia pendidikan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan banyak alasan yang melatarbelakangi mahasiswa tidak berminat menjadi guru sebagian besar adalah karena mereka beranggapan bahwa profesi menjadi guru adalah profesi yang menyita waktu tenaga dan pikiran. Selain itu mereka juga beranggapan jika profesi guru adalah profesi yang ribet. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Minat mahasiswa terhadap profesi guru (2) Faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa untuk berminat menjadi guru. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang dipilih adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebanyak 154 mahasiswa dan sampelnya 120 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan delapan belas item pernyataan dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 indikator yang selanjutnya digunakan untuk menyusun kuesioner. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang didapat melalui penyebaran kuesioner atau angket menunjukkan bahwa (1) Minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 dan 2011 untuk menjadi guru tergolong rendah dilihat dari persentase studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti (2) Melalui analisis faktor diperoleh hasil sebanyak tiga faktor yang menjadi bahan pertimbangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 dan 2011 yang terdiri dari faktor wawasan faktor kepribadian dan faktor motivasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi orang tua agar selalu menjadi motivator utama dalam menentukan pilihan pekerjaan sehingga minat mahasiswa untuk menjadi guru menjadi semakin tinggi (2) Bagi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang perlu meningkatkan adanya kegiatan seperti workshop seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan wawasan keguruan agar mahasiswa terdorong minatnya untuk memilih profesi sebagai guru. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian dengan metode dan analisis yang sama di jurusan atau program studi yang lain atau melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan analisis yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27858

Actions (login required)

View Item View Item