Pengaruh dimensi fraud pentagon terhadap kecurangan akademik pada pembelajaran online / Dicky Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi fraud pentagon terhadap kecurangan akademik pada pembelajaran online / Dicky Pratama

Pratama, Dicky (2022) Pengaruh dimensi fraud pentagon terhadap kecurangan akademik pada pembelajaran online / Dicky Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh fraud pentagon terhadap perilaku kecurangan akademik pada pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 2019 dan 2020 sebanyak 180 mahasiswa yang ditentukan melalui teknik proportional random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Model analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tekanan kesempatan rasionalisasi kemampuan dan arogansi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik pada pembelajaran online. Oleh karena itu perlu adanya peraturan dan sanksi yang tegas terkait perilaku kecurangan akademik baik di tingkat fakultas maupun universitas. Diperlukan juga kepedulian dan kepekaan dosen dalam mendeteksi segala bentuk kecurangan yang dilakukan mahasiswa sehingga tidak ada kesempatan bagi mahasiswa untuk berbuat curang dan tidak menjadi kebiasaan yang salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278573

Actions (login required)

View Item View Item