Kompetensi teknis yang dibutuhkan akuntan: analisis dari iklan lowongan pekerjaan akuntansi / Mazidatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi teknis yang dibutuhkan akuntan: analisis dari iklan lowongan pekerjaan akuntansi / Mazidatur Rohmah

Rohmah, Mazidatur (2022) Kompetensi teknis yang dibutuhkan akuntan: analisis dari iklan lowongan pekerjaan akuntansi / Mazidatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis menimbulkan pertanyaan tentang keterampilan apa yang menjadi prioritas kebutuhan pasar tenaga kerja di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada kompetensi teknis dalam pendidikan akuntansi dengan mengeksplorasi sudut pandang perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi teknis yang dibutuhkan akuntan melalui analisis dari iklan lowongan pekerjaan akuntansi. Penelitian ini menggunakan analisis isi pada 612 iklan lowongan kerja online. Data tersebut kemudian diuji beda menggunakan non parametrik Kruskal Wallis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan teknologi informasi (information technology) dan pelaporan keuangan (financial reporting) adalah kompetensi teknis yang paling dibutuhkan perusahaan. Secara spesifik keterampilan yang harus dikuasai oleh akuntan adalah keterampilan menggunakan paket Microsoft Office dan menyiapkan laporan keuangan perusahaan. Selain itu penelitian ini menemukan adanya perbedaan kebutuhan kompetensi teknis akuntansi pada setiap posisi pekerjaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan refleksi diri kepada lulusan akuntansi terkait kompetensi teknis yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja sehingga lulusan akuntansi dapat membekali diri dengan keterampilan agar mudah diterima dalam pekerjaan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278571

Actions (login required)

View Item View Item