Pengaruh emotional intelligence, adversity quotient, dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa / Ayu Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh emotional intelligence, adversity quotient, dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa / Ayu Fadhilah

Fadhilah, Ayu (2022) Pengaruh emotional intelligence, adversity quotient, dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa / Ayu Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi akademik merupakan alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur hasil belajar yang berbentuk skor atau abjad dengan ketentuan. Prestasi belajar bukan hanya menunjukkan keberhasilan mahasiswa tetapi juga dosen sebagai pengajar dan juga sistem pembelajaran yang berlaku di universitas dalam mencapai tujuan pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik ini. Namun seringkali mahasiswa hanya fokus terhadap kecerdasan kognitif mereka dalam mencapai prestasi akademik yang diinginkan sehingga tidak dapat mencapai prestasi akademik yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi akademik yaitu pengaruh emotional intelligence adversity quotient dan perilaku belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksplanasi. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu emotional intelligence (X1) adversity quotient (X2) dan perilaku belajar (X3) serta prestasi akademik sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan berjumlah 286 mahasiswa yang dihitung menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan angket untuk alat pengumpulan data yang disebar secara online menggunakan google form. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emotional intelligence tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik adversity quotient berpengaruh positif terhadap prestasi akademik dan perilaku belajar juga berpengaruh secara positif terhadap prestasi akademik. Temuan ini dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi akademik untuk mendapatkan hasil akademik yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278561

Actions (login required)

View Item View Item