Pengaruh teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap intensi untuk terlibat aktif dalam belajar / Siti Intan Khoirunnisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap intensi untuk terlibat aktif dalam belajar / Siti Intan Khoirunnisa'

Khoirunnisa', Siti Intan (2022) Pengaruh teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap intensi untuk terlibat aktif dalam belajar / Siti Intan Khoirunnisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Intan Khoirunnisa rsquo 2022. Pengaruh Teman Sebaya Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Untuk Terlibat Aktif Dalam Belajar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Norma subjektif Theory Planned of Behavior Teman Sebaya Lingkungan Keluarga Intensi Untuk Terlibat Aktif Dalam Belajar. Intensi adalah representasi kognitif dari kesiapan manusia untuk melakukan perilaku. Intensi juga merupakan hal utama untuk prasyarat mewujudkan perilaku. Sedangkan keaktifan belajar merupakan suatu proses kegiatan belajar yang melibatkan intelektual dan emosional yang dapat menimbulkan perubahan diri pada peserta didik. Sehingga keaktifan belajar sebagai suatu perilaku belajar diprediksi sangat ditentukan oleh adanya intensi peserta didik untuk melakukan perilaku aktif dalam belajar guna mencapai learning outcome yang diharapkan. Faktor yang diduga membentuk intensi peserta didik untuk terlibat aktif dalam belajar terdapat dalam theory of planned behavior. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research (penelitian penjelasan). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik tingkat SLTA kelas XI di Kabupaten Mojokerto dengan jumlah populasi sebanyak 732 sehingga memperoleh sampel 259 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Peneliti menggunakan skala model skala likert. Data analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas reliabilitas uji asumsi klasik uji regresi linier berganda uji F uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan temuan bahwa variabel-variabel norma subjektif yang terdiri dari variabel teman sebaya (X1) dan lingkungan keluarga (X2) terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi untuk terlibat aktif dalam belajar. Sesuai dengan penjelasan theory of planned behavior yang menjelaskan intensi berperilaku seseorang yang dipengaruhi oleh orang disekitar diperoleh bukti bahwa komitmen keinginan dan harapan yang dimiliki oleh peserta didik di Kabupaten Mojokerto mampu mempengaruhi perilaku belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278560

Actions (login required)

View Item View Item