Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa (studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Frigia Vevirenika Isudibyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa (studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Frigia Vevirenika Isudibyo

Isudibyo, Frigia Vevirenika (2014) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa (studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Frigia Vevirenika Isudibyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Isudibyo Frigia Vevirenika. 2014. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Prodi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M. Pembimbing (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd S.E M.Sc. Kata Kunci pemanfaatan perpustakaan sekolah pusat sumber belajar Siswa Perpustakaan adalah salah satu prasarana yang harus dipenuhi untuk mendukung proses pembelajaran dalam setiap satuan pendidikan. Penyelenggaraan perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai penunjang kegiatan pembelajaran karena perpustakaan sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu pusat sumber belajar bagi siswa dalam memberikan berbagai macam pengetahuan. Penelitian di SMK Negeri 1 Turen ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mendiskripsikan bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa (2) Mendiskripsikan upaya peningkatan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa dan (3) Mendiskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber (Informan) yaitu Humas SMK Negeri 1 Turen petugas perpustakaan penanggung jawab perpustakaan guru dan siswa peristiwa yang diamati secara langsung dan dokumen. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan kuesioner. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa 1) Siswa-siswi SMK Negeri 1 turen memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dengan memanfaatkan pelayanan dan bahan pustaka yang ada. Hal tersebut menunjukkan bahwa perpustakaan SMK Negeri 1 Turen sudah dimanfaatkan oleh siswa sebagai pusat sumber belajar untuk mencapai tujuan belajar dalam proses pembelajaran di sekolah namun pemanfaatan tersebut belum dilakukan secara optimal dikarenakan perpustakaan memiliki ruangan yang kurang memadai. 2) Berbagai macam upaya untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa sudah dilakukan agar siswa-siswi SMK Negeri 1 Turen termotivasi dan terdorong untuk lebih memaksimalkan pemanfaatkan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Upaya peningkatan tersebut dilakukan baik oleh petugas dan penanggung jawab perpustakaan guru dan sekolah. 3) Faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar di SMK Negeri 1 Turen adalah adanya bahan pustaka yang belum memadai adanya fasilitas perpustakaan yang belum memadai serta kurangnya jam istirahat untuk berkunjung ke perpustakaan. Sedangkan faktor pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen adalah adanya berbagai macam pelayanan yang memudahkan siswa adanya tugas yang diberikan oleh guru serta terdapat sebagian buku yang dapat menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item