Analisis strategi penguatan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Gresik / Tsuaibatul Islamiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi penguatan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Gresik / Tsuaibatul Islamiah

Islamiyah, Tsuaibatul (2022) Analisis strategi penguatan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Gresik / Tsuaibatul Islamiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islamiyah Tsuaibatul. 2022. Analisis Strategi Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Menurut data yang dirilis oleh KPAI tentang anak Indonesia yang berhadapan dengan hukum khususnya sebagai pelaku pada tahun 2011-2020 terdapat 13.071 kasus dari berbagai jenis mulai dari anak yang melakukan kejahatan fisik kejahatan psikis kejahatan seksual dan lain-lain. Tingginya kasus kenakalan tersebut mengindikasikan bahwa pembangunan karakter mendesak dan penting untuk segera dilakukan khususnya dalam lingkungan pendidikan. Salah satu tempat atau lingkungan pendidikan yang strategis dalam penguatan pendidikan karakter yaitu sekolah. Hal ini disebabkan rata-rata anak akan merasakan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Oleh karena itu apa yang dilakukan anak-anak di sekolah akan mempengaruhi karakter yang dimiliki oleh anak. Tujuan untuk melakukan penelitian yaitu agar mengetahui strategi faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat strategi penguatan pendidikan karakter. Dalam penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek yang dipilih untuk penelitian adalah waka humas waka kurikulum waka kesiswaan tiga guru dan empat peserta di SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Ada tiga metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu memverifikasi dan membandingkan hasil informasi dari wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan strategi penguatan pendidikan karakter dilaksanakan sebagai berikut 1) Memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam setiap aspek proses pembelajaran di mata pelajaran.2). Pembiasaan dan pembentukan budaya yang berkarakter di sekolah. 3) Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. 4) Penguatan komitmen dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan 5) Monitoring dan Evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Adapun faktor pendukung adalah kerja sama yang baik antar warga sekolah dan sarana serta prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Faktor penghambat yaitu naik turunnya komitmen warga sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan peran keluarga serta lingkungan belum mendukung dan belum maksimal dalam pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278558

Actions (login required)

View Item View Item