Pengaruh literasi digital terhadap self directed learning pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi / Tiva Noverta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi digital terhadap self directed learning pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi / Tiva Noverta

Noverta, Tiva (2022) Pengaruh literasi digital terhadap self directed learning pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi / Tiva Noverta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi digital sangat penting untuk menunjang penyelesaian skripsi pada mahasiswa karena dengan kemampuan memahami dan menggunakan teknologi digital mereka dapat mengakses berbagai informasi mengolah dan menyebarluaskan kembali informasi tersebut sehingga dapat menimbulkan self directed learning yang dapat membantu mereka mengarahkan diri untuk mencapai tujuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap self directed learning pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yakni literasi digital dan satu variabel terikat yaitu self directed learning. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 332 mahasiswa. Diperoleh sampel sebanyak 181 mahasiswa dari 5 angkatan di Prodi Pendidikan Akuntansi. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital memberikan pengaruh positif terhadap self directed learning. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diberikan saran bagi mahasiswa agar menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan literasi digitalnya sehingga dapat mendorong self directed learning dalam penyusunan skripsi. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat melakukan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi serta mengembangkan instrumen penelitian dan pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi dan wawancara lebih mendalam sehingga data yang diperoleh lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278556

Actions (login required)

View Item View Item