Model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mata pelajaran akuntansi dasar di SMK / Yustika Dewi Melina - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mata pelajaran akuntansi dasar di SMK / Yustika Dewi Melina

Melina, Yustika Dewi (2022) Model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mata pelajaran akuntansi dasar di SMK / Yustika Dewi Melina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain equivalent time series. Desain ini menggunakan 36 siswa dalam satu kelompok eksperimen dimana mereka diberika 3 kali perlakuan dengan model inkuiri terbimbing untuk materi prinsip asumsi dan konsep dasar akuntansi siklus akuntansi dan persamaan dasar akuntansi. Hasil pre-test dan post-test di analisis menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif afektif dan keterampilan mata pelajaran akuntansi dasar. Secara teoritis hasil penelitian ini memperkuat teori belajar konstruktivisme dimana melalui proses pembelajaran inkuiri terbimbing terjadi penguatan kemampuan tidak hanya di kognitif namun juga di aspek afektif dan keterampilan. Secara praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278554

Actions (login required)

View Item View Item