Analisis kepuasan pelayanan di SMK Negeri 1 Jombang (studi kasus pada alumni Program Keahlian Pemasaran) / Maryati Tiah Hindriarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan pelayanan di SMK Negeri 1 Jombang (studi kasus pada alumni Program Keahlian Pemasaran) / Maryati Tiah Hindriarni

Hindriarni, Maryati Tiah (2014) Analisis kepuasan pelayanan di SMK Negeri 1 Jombang (studi kasus pada alumni Program Keahlian Pemasaran) / Maryati Tiah Hindriarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hindriarni Maryati Tiah. 2014. Analisis Kepuasan Pelayanan di SMK Negeri 1 Jombang (Studi Kasus Pada Alumni Program Keahlian Pemasaran). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd S.E M.Sc Kata Kunci Kualitas Layanan Kepuasan Pelayanan 12288 12288 12288 12288 Kepuasan merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah organisasi. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Kepuasan pelayanan dalam pendidikan akan membuktikan sebuah sekolah memiliki mutu yang baik dalam pendidikannya.. Informan dalam penelitian ini adalah alumni SMK Negeri 1 Jombang. Melalui alumni kepuasan pelayanan dapat diketahui karena alumni yang telah mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Jombang sehingga alumni dapat memberikan gambaran tentang fasilitas dan pelayanan yang diberikan staf dan guru di SMK Negeri 1 Jombang 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kualitas layanan dan kondisi kepuasan alumni di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang berperan sebagai perencana pengumpulan data penganasisis penyimpul dan pelaporan hasil penelitian. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan bahan referensi (audio visual dan naskah). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan sekolah memberikan pelayanan berkualitas berdasarkan faktor karakteristik kualitas dan karakteristik kunci dari kualitas. Kepuasan alumni SMK Negeri 1 Jombang diukur dengan menggunakan normative deficit definition equity definition definition Procedural fainess definition Atributorial definition. Keterkaitan kualitas layanan dengan kepuasan alumni dibuktikan melalui dimensi kualitas layanan 1) pada segi tangible (bukti fisik) sudah mempunyai fasilitas yang baik khusus pada jurusan pemasaran sudah mempunyai peralatan praktek yang lengkap seperti adanya cash register labeling serta peralatan lain yang mendukung meskipun masih ada fasilitas yang kurang baik seperti tata letak toilet yang terletak paling selatan dan kurang peralatan 2) pada dimensi reliability (reliabilitas) staf yang melayani kebutuhan alumni melayani dengan baik tanpa membandingkan latar belakang alumni meskipun masih ada beberapa staf yang tidak bertanggung jawab dengan pekerjaanya 3) pada dimensi responsiveness (daya tanggap) staf SMK negeri 1 Jombang mempunyai keinginan dari dalam dirinya untuk membantu kebutuhan alumni serta memberikan respon positif dalam melayani kebutuhan alumni 4) dimensi assurance staf mempunyai kompetensi yang kompeten dalam melayani kebutuhan serta memiliki sikap sopan dan dapat dipercaya dari hasil kerja pelayanannya 5) dimensi empathy staf dan guru yang ada di SMK Negeri 1 Jombang mempunyai sikap pribadi yang baik kepada alumni. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) diperlukan adanya pengarahan pada staf yang kurang bertanggungjawab terhadap pekerjaannya dan perlu adanya inspeksi mendadak pada seluruh bagian agar staf lebih teliti dan berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya 2) perlu adanya perhatian pada tata letak toilet sebelah selatan agar dapat digunakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27855

Actions (login required)

View Item View Item