Benarkah problem based learning? (literature review penelitian PBL Bidang Akuntansi di Indonesia) / Wilda Auwalina Istigfarin - Repositori Universitas Negeri Malang

Benarkah problem based learning? (literature review penelitian PBL Bidang Akuntansi di Indonesia) / Wilda Auwalina Istigfarin

Istigfarin, Wilda Auwalina (2022) Benarkah problem based learning? (literature review penelitian PBL Bidang Akuntansi di Indonesia) / Wilda Auwalina Istigfarin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya posisi guru di dalam pembelajaran di kelas menuntut guru harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai strategi pembelajaran. Penelitian ini dapat memperkaya kajian literatur penelitian PBL di bidang Akuntansi menggunakan metode SLR. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas analisis data dan sumber data. Penelitian ini mengkaji perkembangan penelitian problem based learning pada pembelajaran akuntansi di Indonesia selama 10 tahun. Review ini dilakukan terhadap 54 artikel pbl di bidang pendidikan akuntansi di jurnal terakreditasi Sinta 1-6 dari tahun 2012-2022. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) jumlah publikasi artikel PBL bidang Akuntansi selama kurun waktu 2012 hingga 2022 sebanyak 54 artikel dan publikasi terbanyak terjadi pada tahun 2017-2018. 2) variasi metode penelitian PBL bidang Akuntansi paling populer menggunakan Penelitian Tindakan Kelas 41% dan diikuti Eksperimen 33%. 3) berdasarkan objek penelitian terbanyak dilakukan pada SMK Universitas dan SMA. 4) dari 54 penelitian yang dikaji hanya 18 artikel yang menyajikan sintaks pembelajaran yang sesuai dengan terma PBL dari Howard Barrows. 12 artikel yang lainnya belum mengikuti terma PBL tetapi telah menyajikan problem dalam pembelajaran. Namun problem yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik problem dalam PBL yaitu real problem tidak terduga dan tidak terencana (tidak terstruktur). Hal ini diduga karena 1) peneliti belum memahami sepenuhnya tentang karakteristik PBL 2) peneliti kesulitan merumuskan problem bidang akuntansi yang sesuai dengan tuntutan PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278546

Actions (login required)

View Item View Item