Soft skill siswa SMK Negeri 2 Blitar ditinjau dari skill development theory / Annisa Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Soft skill siswa SMK Negeri 2 Blitar ditinjau dari skill development theory / Annisa Herawati

Herawati, Annisa (2022) Soft skill siswa SMK Negeri 2 Blitar ditinjau dari skill development theory / Annisa Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revolusi industri 4.0 mengakibatkan perubahan kebutuhan tenaga kerja jika sebelumnya didominasi tenaga kerja manusia di era ini sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan kecanggihan teknologi. Para pencari kerja khususnya lulusan SMK harus meningkatkan keterampilan kerja agar tidak kalah bersaing di era ini. Salah satu keterampilan yang sangat penting dimiliki lulusan SMK yaitu soft skill. Jenis keterampilan ini menjadi faktor kunci keberhasilan seseorang di dunia kerja. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan soft skill siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh proses pembelajaran terhadap soft skill siswa dan 2) pengaruh PKL terhadap soft skill siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen dan satu variabel dependen yaitu proses pembelajaran (X1) PKL (X2) serta soft skill (Y). Adapun populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XII kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Blitar. Untuk menentukan sampel siswa di tiap kelas peneliti menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 98 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket tertutup sedangkan data dianalisi menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS. Hasil riset menunjukkan proses pembelajaran berpengaruh terhadap soft skill siswa dengan tingkat sig. lt 0 05. Sedangkan PKL tidak berpengaruh terhadap soft skill siswa dengan nilai signifikansi 0 357. Dari hasil riset peneliti menyarankan (1) bagi siswa hendaknya lebih giat mengembangkan soft skill dengan mengikuti proses pembelajaran dan kegiatan lainnya yang mendukung pengembangan soft skill siswa (2) bagi guru diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang mendorong pengembangan soft skill siswa (3) bagi pendamping PKL hendaknya mendampingi dan membimbing siswa agar PKL memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan (4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan riset pada variabel lain yang dapat memengaruhi soft skill siswa serta mengukur atribut soft skill lainnya yang tidak diukur dalam riset ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278545

Actions (login required)

View Item View Item