Topan, Muhamad Ali (2021) Pengaruh prokrastinasi akademik dan self-efficacy terhadap perilaku plagiarisme dalam menyelesaikan tugas akhir pada mahasiswa akuntansi angkatan 2015 dengan lingkungan sosial sebagai variabel moderasi / Muhamad Ali Topan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya aktivitas mahasiswa baik secara akademis maupun non akademis yang akhirnya membuat mahasiswa cenderung untuk menunda mengerjakan tugas akhir serta mahasiswa masih memiliki keraguan pada kemampuan diri untuk menghadapi hambatan untuk mengerjakan pekerjaan yang telah diberikan atau dimulai. Hal ini membuat mahasiswa melakukan kecurangan akademis seperti perilaku plagiarisme. Selain itu lingkungan sosial kemungkinan memperkuat pengaruh untuk melakukan plagiat. Penelitian yang berjenis kuantitatif ini dilakukan oleh mahasiswa S1 program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori demi menjelaskan hubungan antara variabel di dalam penelitian dengan fenomena yang ada. Sampel yang digunakan peneliti adalah Mahasiswa/i dalam 4 offering (kelas) pada Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dengan jumlah 105 mahasiswa/i. Peneliti menggunakan angket atau kuesioner sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Analisis uji dan koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang terjadi pada antar variabel. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) prokrastinasi akademik memberikan pengaruh positif dan signifikan pada perilaku plagiarisme mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Hal ini menunjukkan jika mahasiswa semakin sering menunda menyelesaikan tugas akhir maka akan semakin tinggi perilaku plagiarisme yang terjadi 2) self-efficacy memberikan pengaruh negatif namun signifikan terhadap perilaku plagiarisme mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self-efficacy yang rendah maka akan mengakibatkan tingginya perilaku plagiarisme yang terjadi 3) lingkungan sosial tidak dapat memperkuat pengaruh antara prokrastinasi akademik dengan perilaku plagiarisme mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir. Hal ini terjadi dikarenakan mahasiswa menimbang apakah tindakan yang akan dilakukannya dapat memberikan pengaruh yang sesuai dengan ekspektasi atau harapannya 4) lingkungan sosial tidak dapat memperkuat pengaruh antara self-efficacy dengan perilaku plagiarisme mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa akan melihat lingkungan sosialnya dan mempertimbangkan hasil yang akan dicapai apakah sesuai dengan kondisinya sebelum melakukan tindakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/278544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |