Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang / Bernadeta Wahyu Astri Pratita

Pratita, Bernadeta Wahyu Astri (2014) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang / Bernadeta Wahyu Astri Pratita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratita, Bernadeta Wahyu Astri. 2013. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ardjuna 1 Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M (II) Dr. Suwarni, M.Si. Kata kunci: faktor Internal, faktor eksternal, minat berwirausaha    Wirausaha merupakan salah satu pendukung yang menentukan maju mundurnya perekonomian suatu negara. Peningkatan pertumbuhan ekonomi tidak banyak berarti bagi pengentasan kemiskinan, bahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pun menjadi solusi yang terus saja terjadi setiap tahun. Saat ini pengangguran tak hanya berstatus pada lulusan SD-SMA/SMK saja bahkan sarjana pun banyak juga yang menganggur. Untuk itu SMK dibekali sehingga kelak lulusannya dapat meniciptakan lapangan kerja sesuai bidangnya.    Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) faktor internal yang terdiri dari perasaan terkait dengan kewirausahaan, motivasi dan cita-cita untuk berwirausaha, (2) faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial/masyarakat, (3) pengaruh antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang, baik secara parsial dan simultan.    Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Ardjuna 1 Malang dengan sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang paling tinggi mempengaruhi minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang adalah cita-cita untuk berwirausaha, sedangkan yang paling rendah adalah perasaan terkait dengan kewirausahaan, mayoritas faktor internal siswa tergolong baik dengan jumlah presentase sebesar 63%. Faktor eksternal yang paling tinggi mempengaruhi minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang lingkungan sekolah, sedangkan yang paling rendah adalah lingkungan keluarga. Faktor eksternal siswa tergolong baik dengan jumlah presentase sebesar 50%. (2) minat berwirausaha siswa SMK Ardjuna 1 Malang dengan indikator sikap mental untuk berwirausaha lebih tinggi dibanding dengan ketrampilan untuk berwirausahanya. Minat berwirausaha siswa tergolong baik dengan jumlah presentase sebesar 64%. (3) terdapat pengaruh positif signifikan faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat berwirausaha siswa Arjuna 1Malang, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh faktor internal dan faktor eksternal adalah sebesar 53,9% dan sisanya 46,1% ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru, orang tua dan siswa supaya membimbing, mendukung, mengarahkan, meningkatkan dan mengasah faktor internal yang ada pada diri siswa serta faktor eksternal agar nantinya dapat memunculkan minat berwirausaha dan dapat mengembangkan minat berwirausaha tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item