Peran laboratorium pemasaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran (studi di SMK PGRI Wonosari Kabupaten Madiun) / Dhimas Yogga Pribadi

Pribadi, Dhimas Yogga (2014) Peran laboratorium pemasaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran (studi di SMK PGRI Wonosari Kabupaten Madiun) / Dhimas Yogga Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pribadi, D.Y. 2013. Peran Laboratorium dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran (Studi di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Surisno, MM (II) Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M,Si Kata Kunci: Laboratorium Pemasaran, Kegiatan Pembelajaran     Laboratorium pemasaran merupakan fasilitas penting sebagai penunjang pembelajaran dan pelatihan untuk mengasah ketrampilan pada jurusan pemasaran. SMK PGRI Wonoasri merupakan satu satunya sekolah swasta yang memiliki laboratorium pemasaran di kabupaten Madiun. Dalam jurusan pemasaran peran laboratorium pemasaran sangat penting dalam menghasilkan lulusan terampil siap kerja.     Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup peran laboratorium pemasaran, pemanfaatan laboratorium pemasaran, optimalisasi laboratorium pemasaran, kegiatan pembelajaran di laboratorium pemasaran di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun.     Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualtitatif, Pengumpulan data digunakan dengan teknik wawancara dan observasi. Sumber data pada penelitian ini data primer mencakup informan dan tempat kejadian, data skunder dokenmen terkait masalah. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegitan triangulasi data. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.     Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan peran laboratorium pemasaran di SMK PGRI Wonoasri sangat menunjang kegitan pembelajaran karena dilengkapi peralatan yang lengkap, namun penggunaan laboratorium masih belum optimal karena beberapa faktor antara lain (1) jumlah alat yang ada di laboratorium masih kurang terutama mesin pos dan kalulator elektronik,(2) luas ruangan laboratorium pemasaran masih kurang luas dan kurang sesuai standar pemerintah (3) kinerja guru yang kurang. Sekolah berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium pemasaran dengan cara (1) sekolah melakukan analisis kebutuhan laboratorium setiap awal tahun pelajaran dan sebelum pelaksanaan UPK (ujian praktek kejuruan) dari segi non fisik sekolah melakukan workshop internal dan eksternal terkait laboratorium pemasaran dan di kembangkan melalui MGMP sewilayah Madiun untuk mengatasi kekurangan sekolah disarankan (1) menambah jumlah alat elektronik (2) melakukan penambahan luas ruangan dan pemecahan ruangan berdasarakan kegiatan praktek untuk memnuhi standar pemerintah tentang laboratorium pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27853

Actions (login required)

View Item View Item