Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Ditinjau dari Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS dengan Simplified Approach pada Materi Segi Empat dan Segitiga - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Ditinjau dari Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS dengan Simplified Approach pada Materi Segi Empat dan Segitiga

Nadhiroh, Efi Lailatun (2022) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Ditinjau dari Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS dengan Simplified Approach pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe-tipe kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII ditinjau dari Teori Newman dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS dengan simplified approach pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII SMP Islam Sabilurrosyad. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 butir soal dan pedoman wawancara. Soal yang diberikan bertipe HOTS dan didesain bisa dikerjakan menggunakan simplified approach. Pedoman wawancara yang ada digunakan untuk mewawancarai siswa guna mengkonfirmasi hasil jawaban siswa. Semua instrumen tersebut sudah divalidasi oleh validator ahli. Lembar jawaban siswa dan hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis Teori Newman. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa semua siswa tidak melakukan kesalahan membaca. Hal tersebut karena tidak ada istilah dan simbol yang asing bagi siswa. Semua siswa melakukan kesalahan memahami masalah. Kesalahan tersebut karena siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal atau menuliskan tetapi kurang tepat. 4 dari 6 siswa melakukan kesalahan transformasi. Semua siswa melakukan kesalahan perhitungan dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan-kesalahan siswa tersebut terjadi karena siswa tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang harus diambil dalam menyelesaikan soal, siswa kesulitan dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan variabel, dan siswa cenderung kurang teliti dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TEORI NEWMAN, SOAL HOTS, SIMPLIFIED APPROACH, SEGI EMPAT, SEGITIGA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:47
Last Modified: 03 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item