Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi berlajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fanggi Ananta Tirtana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi berlajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fanggi Ananta Tirtana

Tirtana, Fanggi Ananta (2014) Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi berlajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fanggi Ananta Tirtana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ananta Tirtana Fanggi 2014. Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M (2) Drs. Djoko Dwi K M.Si Kata Kunci Model Numbered Heads Together Aktivitas Prestasi belajar siswa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang siap untuk memasuki dunia kerja. Sehingga dalam proses pembelajaran siswa dibekali banyak materi praktek dan siswa dituntut untuk lebih madiri serta terampil agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajaran yang disajikan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada Dra Titin P. Rahayu selaku guru mata pelajaran Kewirausahaan menemukan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran kewirausahaan. Permasalahan tersebut meliputi rendahnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik kurang berani dalam menyampaikan ide gagasan atau hasil pemikirannya. Pembelajaran cenderung monoton dan berjalan satu arah dari guru kepada siswa. Komunikasi atau diskusi di antara siswa sangat minim dan jarang terjadi. Kebanyakan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan dari guru atau terkadang berbicara tentang hal di luar pelajaran dengan teman sebangku ketika guru menerangkan. Selain itu pada ulangan harian masih sering ditemukan siswa yang tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal. Pada saat Ulangan Semester sekitar 15% dari jumlah siswa di kelas XI program keahlian Perhotelan tidak mampu mendapatkan nilai ketuntasan minimal atau 8805 75. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) Mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan dalam satu siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara dan tes. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa-siswi kelas XI program keahlian Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Jumlah siswa sebanyak 43 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 25 siswi perempuan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) penerapan model Numbered Heads Together (NHT) di kelas XI Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat berjalan dengan baik (2) penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan (3) penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) Bagi SMK Muhammadiyah 3 Singosari hendaknya pihak sekolah dapat memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran misalkan dengan menambah literature buku mata pelajaran yang dapat digunakan siswa untuk belajar selain menggunakan modul atau Lembar Kerja Siswa (LKS) kewirausahaan agar siswa dapat belajar dengan lebih baik dan mampu mencapai prestasi belajar yang maksimal (2) Bagi Guru mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dan variatif misalkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) agar aktivitas dan prestasi belajar siswa lebih meningkat (3) Bagi siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari hendaknya lebih giat belajar dan lebih aktif dalam belajar agar aktivitas dan prestasi belajar dapat meningkat (4) Bagi peneliti selanjutnya dapat melaksanakan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran yang sama maupun mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27847

Actions (login required)

View Item View Item