Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri (studi kasus siswa kelas XII Program Diklat Permasaran SMK PGRI 1 Jombang / Dyah Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri (studi kasus siswa kelas XII Program Diklat Permasaran SMK PGRI 1 Jombang / Dyah Novita Sari

Sari, Dyah Novita (2014) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri (studi kasus siswa kelas XII Program Diklat Permasaran SMK PGRI 1 Jombang / Dyah Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Dyah Novita. 2014. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Minat Siswa Terhadap Nilai Praktik Kerja Industri (Studi Kasus Siswa Kelas XII Program Diklat Pemasaran SMK PGRI 1 Jombang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci hasil belajar mata pelajaran produktif minat siswa nilai praktik kerja industri 12288 12288 12288 12288 SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang berpotensi untuk sumber daya manusia yang berkualitas. Sebagian program pendidikan dilaksanakan di sekolah yaitu teori dan praktik dasar kejuruan dan sebagian lainnya dilaksanakan di dunia usaha dan dunia industri berupa praktik kerja industri. Siswa dibekali dengan kompetensi-kompetensi yang terdapat dalam mata pelajaran produktif sebelum pelaksanaan praktik kerja industri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi hasil belajar mata pelajaran produktif minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri (2) Pengaruh parsial antara hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap nilai praktik kerja industri (3) Pengaruh parsial antara minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri (4) Pengaruh simultan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII Program Diklat Pemasaran SMK PGRI 1 Jombang yang berjumlah 79 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama bulan Maret 2014. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 19.0 for Windows uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Juga pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Siswa memiliki hasil belajar mata pelajaran produktif dalam kategori baik (2) Siswa memiliki minat praktik kerja industri yang tinggi (3) Siswa memiliki nilai praktik kerja industri dalam kategori baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap nilai praktik kerja industri. Karena terlebih dulu siswa dibekali materi pelajaran produktif yang dapat diaplikasikan siswa ketika melaksanakan praktik kerja industri (2) Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat terhadap nilai praktik kerja industri hal ini karena faktor kurangnya rasa ingin tahu dan keterpusatan perhatian siswa terhadap aktivitas praktik kerja industri (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dan minat siswa secara simultan terhadap nilai praktik kerja industri. Siswa yang minat saat melakukan praktik kerja industri akan memperoleh nilai praktik kerja industri yang baik karena baginya sesuatu yang dipelajari di tempat praktik kerja industri akan bermakna baginya. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Sekolah dalam hal ini kepala sekolah lebih meningkatkan kegiatan belajar yang berorientasi kepada praktik tanpa mengesampingkan proses transfer materi. Selain itu pemilihan tempat praktik kerja industri harus disesuaikan dengan program diklat siswa. Pembekalan tentang alat-alat bisnis perlu dilakukan. Pemberian motivasi sangat penting dilakukan untuk membangkitkan minat siswa (2) Perusahaan dalam hal ini pembimbing di membimbing siswa dengan sabar dan memberikan contoh semestinya dan memberikan ilmu-ilmu baru yang belum siswa peroleh dari sekolah agar setelah siswa melaksanakan praktik kerja industri siswa memperoleh pengetahuan baru sehingga akan terbentuk pengalaman siswa (3) Kepada peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya melakukan penelitian juga terhadap variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai praktik kerja industri seperti a) prestasi/pencapaian b) usaha c) aspek pribadi dan sosial d) kebiasaan bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27845

Actions (login required)

View Item View Item