Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu / Intan Oktavia Susari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu / Intan Oktavia Susari

Susari, Intan Oktavia (2014) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu / Intan Oktavia Susari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susari Intan. O. 2014. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Kondisi Sosial Ekonomi Intensitas Belajar Prestasi Belajar Keberhasilan pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas belajar. Kondisi sosial ekonomi yang cukup bisa memberikan fasilitas belajar yang lebih untuk menunjang proses belajarnya yang pada akhirnya berpengaruh terhadap prestasi siswa. Sementara intensitas belajar mempengaruhi prestasi belajar melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi pelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) kondisi sosial ekonomi orang tua intensitas belajar dan prestasi belajar siswa SMK Islam Batu (2) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Islam Batu sebanyak 556 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan rumus Slovin dengan hasil sampel sebanyak 234 responden tehnik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi orang tua siswa SMK Islam Batu adalah cukup baik hal ini dapat dilihat bahwa nilai jawaban responden kondisi sosial ekonomi orang tua adalah 2 83 (2) intensitas belajar siswa SMK Islam Batu adalah tinggi hal ini dapat dilihat bahwa nilai jawaban responden intensitas belajar adalah 3 68 (3) prestasi belajar siswa SMK Islam Batu adalah baik hal ini dapat dilihat bahwa nilai prestasi belajar responden adalah diatas nilai KKM yaitu 78 (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Batu. Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar akan dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas belajar sebesar 50 9% dan sisanya 49 1% prestasi belajar akan dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru agar tidak membedakan kondisi sosial ekonomi siswa yang baik dengan yang kurang baik agar siswa tidak merasa minder dan malu. Sedangkan untuk siswa hendaknya lebih bisa meningkatkan intensitas belajar lagi agar dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27844

Actions (login required)

View Item View Item