Pengaruh interpersonal dan intrapersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan SMK PGRI 2 Kota Malang / Retno Haryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh interpersonal dan intrapersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan SMK PGRI 2 Kota Malang / Retno Haryani

Haryani, Retno (2014) Pengaruh interpersonal dan intrapersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan SMK PGRI 2 Kota Malang / Retno Haryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haryani Retno. 2014. Pengaruh Interpersonal dan Intrapersonal Intelligence terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK PGRI 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata kunci interpersonal intelligence intrapersonal intelligence prestasi belajar siswa 12288 12288 12288 12288 Dunia pendidikan dan keluhan yang berasal dari peserta didik orang tua maupun pendidik mengenai bagaimana peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik tidak dapat dipisahkan. Hal ini mendorong dilakukannya penelitian untuk melihat faktor-faktor yang membuat peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Salah satu temuan yang sangat bermanfaat adalah bahwa setiap individu memiliki tidak hanya satu jenis kecerdasan tetapi lebih yang disebut kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk secara keseluruhan menawarkan beragam jalan menuju kesuksesan dan prestasi masing-masing kecerdasan memainkan peran penting. Interaksi manusia yang berhasil dalam bentuk apa pun memerlukan kemampuan untuk mengenal untuk mengenal diri sendiri dan bekerja sama dengan orang. 12288 12288 12288 12288 Interpersonal dan intrapersonal intelligence sangat perlu dikembangkan oleh siswa. Dengan kecerdasan-kecerdasan tersebut siswa dapat mengetahui potensi dan kelemahan yang ada dalam diri sehingga akan mampu mengembangkannya dan siswa akan memahami bagaimana berhubungan baik dengan orang lain. Hal ini akan membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkannya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui (1) Interpersonal dan intrapersonal intelligence serta prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. (2) Pengaruh interpersonal dan intrapersonal intelligence secara parsial terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. (3) Pengaruh interpersonal dan intrapersonal intelligence secara simultan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksplanasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah interpersonal intelligence (X1) dan intrapersonal intelligence (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 244 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 143 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. 12288 12288 12288 12288 Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Sedangkan prestasi belajar klasifikasinya adalah rendah sekali rendah cukup tinggi tinggi dan sangat tinggi. Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang dimana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari nilai kognitif siswa pada rapor semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini angket dibagikan selama dua hari pada tanggal 2 dan 3 April 2014 yaitu dengan cara semua siswa dikumpulkan dalam kelas masing-masing dan semua populasi mengisi angket. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa maupun gambaran umum siswa kelas X serta nilai kognitif pada rapor semester ganjil. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 19 for Windows. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas. (2) Uji heteroskedastisitas. (3) Uji multikolinearitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Hasil uji normalitas menunjukkan data dalam penelitian ini berdistribusi normal terlihat dari titik-titik yang menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Hasil uji multikolinearitas menunjukkan tidak terjadi gejala multikolinearitas. (3) Hasil uji heteroskedastisitas menunjukkan titik-titik pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak sehingga dalam penelitian ini tidak terjadi gangguan heteroskedastisitas. Jadi persamaan regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Interpersonal intelligence pada siswa dapat diklasifikasikan baik. (2) Intrapersonal intelligence siswa adalah baik. (3) Sebagian besar siswa memiliki prestasi belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara Interpersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara Intrapersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara interpersonal dan intrapersonal intelligence terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala Sekolah bisa menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam dunia pendidikan ke depan untuk lebih membantu dalam memperlancar kegiatan belajar siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik maka diperlukan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal agar siswa senantiasa mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. (2) Bagi orang tua dan guru untuk melakukan pembinaan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal demi peningkatan prestasi peserta didik. (3) Peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya melakukan penelitian terhadap kecerdasan ganda lainnya yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar seperti kecerdasan bahasa kecerdasan visual spasial dan kecerdasan lain yang telah banyak ditemukan oleh ilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27842

Actions (login required)

View Item View Item