Kurniawati, Elok (2014) Pengaruh kesesuaian metode mengajar guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013) / Elok Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawati Elok. 2014. Pengaruh Kesesuaian Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Kewirausahaan (Studi pada Siswa SMK Islam Batu Tahun Ajaran 2012/2013) . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci kesesuaian metode mengajar guru kemandirian belajar siswa prestasi belajar 12288 12288 12288 Kesesuaian metode mengajar guru merupakan suatu cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas agar tercipta suatu kondisi belajar yang efektif. Kemandirian belajar siswa adalah proses belajar yang dilakukan atas dorongan internal dari individu tanpa bergantung pada orang lain memiliki tanggung jawab sendiri untuk menguasai kompetensi guna mengatasi suatu masalah. Prestasi belajar mata diklat Kewirausahaan adalah hasil belajar Kewirausahaan yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran kondisi kesesuaian metode mengajar guru kemandirian belajar siswa prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013. (2) Menguji pengaruh kesesuaian metode mengajar guru terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013. (3) Menguji pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanasi. Responden penelitian ini siswa SMK Islam Batu sampel yang diambil sebanyak 194 siswa dari 378 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dianalisis dengan statistik parametrik uji t (parsial) dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Kesesuaian metode mengajar guru kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan pada SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013 tergolong cukup baik. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan kesesuaian metode mengajar guru terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013. Hal ini menunjukkan semakin tinggi (positif) kesesuaian metode mengajar guru maka semakin baik pula prestasi belajar mata diklat kewirausahaan yang akan dicapai siswa. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan siswa SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013. Hal ini menunjukkan semakin tinggi (positif) kemandirian belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajar mata diklat kewirausahaan yang akan dicapai siswa. Sedangkan saran bagi guru diharapkan untuk lebih meningkatkan metode mengajar yang baik sesuai dan menyenangkan bagi siswa. Bagi Siswa diharapkan lebih mandiri dan lebih serius dalam meningkatkan belajar. Dan bagi penelitian selanjutnya lebih memperluas subyek penelitian serta menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar mata diklat kewirausahaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |