Improving EFL Students’ Pronunciation through Shadowing Technique in SMAN 1 Geger - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving EFL Students’ Pronunciation through Shadowing Technique in SMAN 1 Geger

Rahmawati, Fadlilah (2022) Improving EFL Students’ Pronunciation through Shadowing Technique in SMAN 1 Geger. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajar bahasa Inggris sekolah menengah atas seringkali menemukan masalah dengan pelafalannya. Ini diakibatkan oleh intensitas penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari dan perbedaan sistem pelafalan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Akibatnya, pembelajar bahasa Inggris sebagai bukan penutur asing seringkali menemui masalah dengan pelafalannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik shadowing di kelas bahasa Inggris sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan pelafalan peserta didik yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Subjek pada penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas 10 MIPA 2 di SMAN 1 Geger. Peneliti meggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam satu putaran yang mencakup tahap perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, ceklis observasi, dan tes. Hasil menunjukkan bahwa 83% dari peserta didik mampu melewati tes pronunciation atau mendapatkan skor lebih dari sama dengan 70 sebagai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang menunjukkan bahwa teknik shadowing dapat meningkatkan pelafalan pembelajar bahasa Inggris melalui aktifitas meniru, pengulangan dan latihan. Tujuan memberikan perhatian pada suara yang didengar dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk praktik shadowing membantu siswa membangun pronunciation awareness mereka. Selain itu, teknik ini membantu peserta didik dalam mempelajari kosa kata baru dan mereka merespon secara positif penerapan teknik ini. Hasil lain menunjukkan bahwa peserta didik juga sering salah melafalkan kosakata berfrekuensi tinggi (High Frequency Words).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pelafalan bahasa Inggris; teknik shadowing; pembelajar bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:47
Last Modified: 03 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item