Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X tahun ajaran 2013/1014 SMK PGRI 2 Kota Malang / Yuswanti Dwi Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X tahun ajaran 2013/1014 SMK PGRI 2 Kota Malang / Yuswanti Dwi Cahyani

Cahyani, Yuswanti Dwi (2014) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X tahun ajaran 2013/1014 SMK PGRI 2 Kota Malang / Yuswanti Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyani Y.D. 2014. Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014 SMK PGRI 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani. M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata kunci motivasi intrinsik motivasi ekstrinsik prestasi belajar Pendidikan merupakan proses interaksi belajar mengajar dalam bentuk formal yang dikenal sebagai pengajaran dan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Berhasil tidaknya kegiatan belajar mengajar banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah motivasi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik yang berupa hasrat keinginan berhasil dorongan kebutuhan belajar serta harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah berupa dorongan yang berasal dari luar yang juga dapat mendorong siswa untuk belajar salah satunya adalah guru. Dalam proses interaksi belajar mengajar motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik sangat diperlukan. Oleh karena itu guru harus bisa membangkitkan semangat belajar siswa dengan memanfaatkan kedua macam motivasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara parsial terhadap prestasi belajar siswa. (3) Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi intrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) dengan variabel terikat prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 244 siswa sedangkan untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 143 responden yang dihitung dengan rumus Isaac Michael. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Untuk mempermudah peneliti memberi gambaran tentang motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik maka distribusi frekuensi yang menyatakan sangat tidak setuju menjadi sangat buruk tidak setuju menjadi buruk cukup setuju menjadi cukup baik setuju menjadi baik dan sangat setuju menjadi sangat baik. Sedangkan prestasi belajar klasifikasinya adalah rendah sekali rendah cukup tinggi tinggi dan sangat tinggi. Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang dimana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari nilai kognitif siswa pada rapor semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini angket dibagikan selama dua hari pada tanggal 2 dan 3 April 2014 yaitu dengan cara semua siswa dikumpulkan dalam kelas masing-masing dan semua populasi mengisi angket. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa maupun gambaran umum siswa kelas X serta nilai kognitif pada rapor semester ganjil. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 19 for Windows. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas. (2) Uji heteroskedastisitas. (3) Uji multikolinearitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Motivasi intrinsik pada siswa dapat diklasifikasikan cukup baik. (2) Motivasi ekstrinsik pada siswa adalah baik. (3) Sebagian besar siswa memiliki prestasi belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru diharapkan lebih tegas dan jangan terlalu sabar. (2) Bagi siswa diharapkan agar dapat mengembangkan motivasi belajar yang dimiliki sehingga mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik. (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan dukungan arahan bimbingan dan dorongan dalam kegiatan belajar. (4) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

View Item View Item