Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar melalui motivasi (studi kasus siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar) / Fitri Mujahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar melalui motivasi (studi kasus siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar) / Fitri Mujahidah

Mujahidah, Fitri (2014) Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar melalui motivasi (studi kasus siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar) / Fitri Mujahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mujahidah Fitri. 2013. Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi (Studi Kasus Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata kunci Emotional Quotient (EQ) Spiritual Quotient (SQ) Prestasi Belajar Motivasi Keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran di sekolah ditandai dengan prestasi yang tinggi kemampuan intelektual yang memadai serta kepribadian yang baik dalam diri tiap siswa. Untuk mencapainya tidak hanya bisa dengan IQ saja tapi dibutuhkan kecerdasan lainnya untuk mendukung prestasi belajar yaitu EQ dan SQ selain itu dibutuhkan pula motivasi agar siswa siswa mampu memotivasi dirinya sendiri untuk meraih prestasi dan mensinergikannya dengan EQ dan SQ serta memaknai setiap keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) Deskripsi EQ SQ motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh secara langsung EQ terhadap motivasi belajar siswa. (3) Pengaruh secara langsung SQ terhadap motivasi belajar siswa. (4) Pengaruh secara langsung EQ terhadap prestasi belajar siswa. (5) Pengaruh secara langsung SQ terhadap prestasi belajar siswa. (6) Pengaruh secara tidak langsung EQ terhadap prestasi belajar siswa. (7) Pengaruh secara tidak langsung SQ terhadap prestasi belajar siswa dan (8) pengaruh secara langsung motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu yang berjumlah 133 siswa. Waktu pengedaran kuesioner dilaksanakan 3 hari pada tanggal 6-8 November 2013. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dan skala pengukuran yang digunakan adalah skala sikap yaitu skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) 54% (54 siswa) menjawab setuju tentang EQ 39% (39 siswa) menjawab setuju tentang SQ 47% (47 siswa) menjawab cukup setuju tentang motivasi dan 40% (40 siswa) memiliki prestasi belajar yang cukup tinggi (2) EQ (X1) SQ (X2) dan Motivasi (Z) mempunyai koefisien jalur secara langsung masing masing (0 516 dan 0 350 0 194 0 312) EQ (X1) dan SQ (X2) mempunyai koefisien jalur tidak langsung yaitu 0 161 dan 0 061. Sedangkan nilai 1297 1 1297 2 masing-masing (0 621 0 568). Berdasarkan nilai tersebut disimpulkan bahwa terdapat satu jalur yang tidak signifikan yaitu SQ terhadap prestasi belajar dan jalur yang signifikan yaitu EQ terhadap motivasi berpengaruh langsung sebesar 26 63% SQ terhadap motivasi berpengaruh langsung sebesar 3 76% EQ terhadap prestasi belajar berpengaruh langsung sebesar 12 25% motivasi terhadap prestasi belajar berpengaruh langsung sebesar 9 73% EQ dan SQ terhadap prestasi belajar berpengaruh secara tidak langsung melalui motivasi masing-masing sebesar 2 6% dan 0 37% EQ dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar 67 7% dan sisanya 32 26% dipengaruhi faktor-faktor lain. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Pembinaan kecerdasan emosi dan spiritual merupakan bentuk kewajiban setiap manusia terlebih bagi para orang tua dan guru untuk itu perlu adanya peningkatan kesadaran kembali terhadap kewajiban tersebut. (2) Untuk kemajuan SMK Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar adalah pihak sekolah bisa menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam dunia pendidikan ke depan untuk lebih membantu dalam memperlancar kegiatan belajar siswa baik dalam bidang agama maupun umum maka diperlukan motivasi agar siswa senantiasa memanfaatkan waktu luang untuk belajar. (3) Peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya melakukan penelitian terhadap kecerdasan lainnya yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar seperti kecerdasan buatan kecerdasan sosial dan kecerdasan lainnya yang telah banyak ditemukan oleh ilmuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27837

Actions (login required)

View Item View Item